Hai, Para Pemilik Usaha Laundry. Saatnya Kita Beralih ke Komputerisasi

Hai, para pemilik usaha laundry.. πŸ™‚ Apakah Anda termasuk salah satu pemilik usaha laundry? Jika jawabannya iya, maka tulisan ini sangat tepat sekali untuk dibaca oleh Anda.

Kata komputerisasi mungkin termasuk kata yang sedikit asing terdengar. Menurut beberapa sumber, komputerisasi merupakan kegiatan atau usaha untuk mengerjakan suatu pekerjaan yang biasanya dikerjakan secara manual, kemudian diubah dengan menggunakan perangkat alat bantu komputer.

Komputerisasi itu lebih menyenangkan dan lebih mudah tentunya. Banyak sekali keunggulan yang didapat bila kita menggunakan komputer untuk menjalankan bisnis kita.

Contohnya saja, ketika telah banyak pelanggan setia yang datang ke tempat laundry milik Anda, lalu secara bertahap catatan buku pelanggan Anda mulai terlihat sesak dan terasa padat. Hal yang melelahkan apabila Anda ingin melakukan pencarian nama pelanggan diantara sekian puluh, ratus, atau ribuan pelanggan Anda. Anda harus berusaha mencari dan terus mencari. Belum lagi ketika Anda telah sampai pada halaman terakhir, Anda masih tak menemukan nama pelanggan Anda tersebut. Hal yang mungkin saja terjadi adalah terlewatkan, lalu hal yang harus segera dilakukan yaitu melakukan lagi pencarian dari awal. Melelahkan sekali.. Coba bayangkan apabila Anda mulai beralih dari manual ke komputerisasi. Dengan menggunakan aplikasi khusus laundry ,untuk menangani itu semua, saya yakin sekali pekerjaan terebut akan memudahkan. Anda tinggal mencari pada kolom pencarian (search bar) nama yang ingin Anda cari, lalu dalam beberapa detik saja nama yang Anda cari tersebut telah muncul di hadapan Anda. Anda juga dapat memasukkan data seputar pelanggan Anda, seperti nama, alamat, nomor telepon, nomor handphone, atau alamat email.

Kemudian pada pencatatan order. Setiap ada order atau transaksi haruslah dilakukan pencatatan.Β Anda mencatat si, sebut saja si Ajy, melaundry pakaian A, B, dan C. Lalu, pada hari-hari selanjutnya, si Ajy melaundry pakaian D, E, F. Kemudian pada hari-hari berikutnya, si Ajy melaundry pakaian G, H, I sampai dengan Z. Bagaimana bila kita ingin melihat jenis pakaian apa saja yang telah dilaundry oleh si Ajy? Biasanya Anda melihat buku catatan laundry untuk melihat-lihat transaksi apa yang telah dilakukan setiap pelanggan. Namun, catatan tersebut pastilah bercampur dengan catatan laundry-laundry milik orang lain, sebut saja si Banu, Citra, dan Dina. Belum lagi yang lainnya. Nah, apabila dengan komputerisasi pasti kan lebih cepat. Kita tinggal memilih orangnya, lalu kita lihat transaksi yang telah dilakukan. Hanya beberapa detik saja. Sangat mudah dan menyenangkan sekali..

Masih ada lagi.. Di beberapa laundry mengizinkan pelanggannya untuk memberikan DP atau uang muka terlebih dahulu. Nah, mengenai catatan seperti ini Anda pun harus memilikinya, dan Anda perlu memperbaruinya setiap kali pelanggan Anda menyicil hutang-hutangnya. Bagaimana dengan secara komputerisasi? Dengan mudahnya kita bisa melihat-lihat siapa pelanggan kita yang belum melunasi atau juga bisa melihat siapa yang telah lunas. Kita juga dapat memperbarui catatan tersebut dengan hanya klak-klik-klak-klik saja.. Memudahkan sekali, bukan?

Dari tadi saya membicarakan beberapa keuntungan menggunakan komputerisasi untuk mendukung bisnis laundry Anda. Kemudahannya benar-benar sangat nyata dan luar biasa. Anda dapat menghemat banyak waktu yang Anda miliki daripada melakukan hal-hal yang sedikit melelahkan tersebut (cara manual). Ohya, saya juga memiliki berita baik.. Berita baiknya adalah semua keuntungan komputerisasi yang telah saya sebutkan tersebut telah ada pada aplikasi laundry Manglesoft.

Aplikasi Laundry Manglesoft

Manglesoft merupakan Paket Aplikasi yang dibuat secara khusus untuk membantu pekerjaan pada usaha pencucian baju atau yang saat ini banyak dikenal oleh masyarakat dengan “Laundry Kiloan”, pekerjaan yang dimaksud adalah Pengelolaan Dokumen, Pengelolaan Order Klien, Monitoring dan Pelacakan (Tracking) Pekerjaan, Manajemen Klien dan masih banyak lagi fitur – fitur dalam paket Aplikasi Manglesoft

Fitur dan Modul nya pun dibuat secara khusus, bagi pengguna yang tidak memiliki keterampilan (skill) komputer secara mendalam, sehingga penggunaan Paket Aplikasi Manglesoft akan sangat mudah dilakukan, dimulai dari cara meng-install hingga cara menggunakan dari setiap fitur – fitur didalam paket aplikasi

Untuk permintaan memperbarui (update) atau Patching Paket Aplikasi Manglesoft dapat dilakukan secara online dan gratis, kecuali terdapat fitur – fitur baru yang akan membuat pekerjaan pada usaha “Laundry Kiloan” menjadi lebih baik lagi. Sementara pada produk lain yang sejenis, hal ini masih dilakukan secara manual dan belum terintegrasi secara online. Fitur ini akan sangat meringankan untuk penggunanya.

Banyak fitur yang terdapat pada aplikasi laundry Manglesoft, yaitu:

  • lisensi aplikasi untuk selamanya
  • gratis perubahan dan pembaharuan aplikasi seumur hidup
  • manajemen konsumen lebih terkelola
  • manajemen order yang lebih baik
  • monitoring order dan proses pekerjaan
  • tersedia laporan keuangan

Saya bukan sedang promosi, tapi saya hanya membantu memberi solusi. Waktu adalah uang. Setiap waktu yang Anda lalui tersebut haruslah menghasilkan, misalnya dengan memikirkan bagaimana bisnis Anda ke depannya, bukan malah dipusingkan dengan segala urusan internal laundry Anda. Serahkan saja pada aplikasi laundry Manglesoft. πŸ™‚

Ohya ada berita baik lagi, nih. Manglesoft bisa dicoba secara gratisss.Β Caranya yaitu dengan men-download versi trialnya di websitenya.Β http://www.manglesoft.co.id/

πŸ™‚

The following two tabs change content below.

mahisaajy

PMG Ahli Pertama, Bidang Manajemen Database at BMKG
Seorang pemuda luar biasa yang mempunyai hobi menulis, membaca, dan bermusik. Tertarik dengan bidang ilmu komputer untuk memecahkan beberapa persoalan. Co-Founder Triglav ID dan Co-Founder METLIGO. Sejak tahun 2018 bekerja di BMKG di bagian Pusat Database.

Published by mahisaajy

Seorang pemuda luar biasa yang mempunyai hobi menulis, membaca, dan bermusik. Tertarik dengan bidang ilmu komputer untuk memecahkan beberapa persoalan. Co-Founder Triglav ID dan Co-Founder METLIGO. Sejak tahun 2018 bekerja di BMKG di bagian Pusat Database.

Leave a comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

%d bloggers like this: