Kenapa Harus Pakai Aplikasi Agent Ransack

Gunakanlah tools yang tersebar luas di internet untuk mengefisiensi pekerjaan kita. Iya, menurut kaca mata programmer pemula seperti saya ini, salah satunya adalah aplikasi ini.

Kenapa harus pakai aplikasi Agent Ransack? Sebenarnya saya bukanlah orang marketing dari Mythicsoft, yaitu perusahaan pembuat aplikasi Agent Ransack ini. Saya menulis ini tentunya juga tidak dibayar oleh mereka. Saya menulis ini karena berkali-kali saya dibantu oleh aplikasi ini ketika saya sedang mengembangkan suatu aplikasi.

Aplikasi Agent Ransack ini merupakan suatu aplikasi yang berguna untuk mencari isi konten yang terdapat dalam suatu file. Sebelumnya saya juga telah menggunakan fitur search yang ada pada Windows Explorer, namun hasilnya tidak sesuai dengan yang saya harapkan. Juga, setting pada Windows Explorer tersebut telah saya utak-atik, dan ternyata masih sama, belum membuahkan hasil. Akhirnya pada suatu waktu, ketika sedang iseng-isengnya melakukan pencarian di internet, akhirnya saya menemukan aplikasi ini.

Seperti yang telah saya bahas pada tulisan sebelumnya, saya menggunakan aplikasi ini ketika saya sedang terlibat dalam proyek pengembangan aplikasi pada suatu perusahaan. Ketika kalian diwajibkan mengembangkan aplikasi yang sudah jadi, apa langkah pertama yang harus dilakukan? Mempelajari source code aplikasinya serta tabel-tabel di databasenya, bukan? Nah, iya itulah yang saya lakukan bersama aplikasi Agent Ransack ini. Misalnya, saya ingin mengetahui kolom pada tabel itu diproses di file apa, saya tinggal melakukan pencarian. Karena terlalu lama apabila menggunakan cara manual, yaitu dengan menggunakan mata kita mempelajari seluruh file aplikasi yang hendak kita kembangkan tersebut.

Saya coba mempraktikkan langsung

Pertama, download terlebih dahulu aplikasinya di situs berikut:
http://www.mythicsoft.com/agentransack

Langkah selanjutnya, yaitu instalasi dan jalankan aplikasinya. Mudah saja, kita tinggal mengetikkan apa yang mau dicari pada kolom “Containing Text”, lalu klik tombol “Start” yang ada pada sebelah kanan.

aplikasi agent ransack
penampakan aplikasi agent ransack

Dengan mudahnya kita mengetahui keberadaan suatu file yang akan kita hendak kerjakan.

Misalnya yang akan kita cari itu mengandung dua kata, maka kita bisa menggunakan AND pada kolom pencarian. Berikut ini gambar bantuannya.

agent-ransack2
boolean expression engine – aplikasi agent ransack

FYI, aplikasi ini hanya dapat berjalan di Windows. Bagaimana ya kalau di Linux? Kalau Anda seorang pendekar Terminal, pasti tahu dengan perintah-perintah seperti find dan grep. Hanya saja untuk yang versi GUI di Linux saya belum sempat menemukannya (karena belum sempat mencari 🙂 ). Nanti, kabar-kabari ya kalau ada.

Semoga bermanfaat bagi para pengembang aplikasi dan para pembaca semuanya.

The following two tabs change content below.

mahisaajy

PMG Ahli Pertama, Bidang Manajemen Database at BMKG
Seorang pemuda luar biasa yang mempunyai hobi menulis, membaca, dan bermusik. Tertarik dengan bidang ilmu komputer untuk memecahkan beberapa persoalan. Co-Founder Triglav ID dan Co-Founder METLIGO. Sejak tahun 2018 bekerja di BMKG di bagian Pusat Database.

Published by mahisaajy

Seorang pemuda luar biasa yang mempunyai hobi menulis, membaca, dan bermusik. Tertarik dengan bidang ilmu komputer untuk memecahkan beberapa persoalan. Co-Founder Triglav ID dan Co-Founder METLIGO. Sejak tahun 2018 bekerja di BMKG di bagian Pusat Database.

Join the Conversation

2 Comments

Leave a comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

%d bloggers like this: