Masih Muda, Tapi Kok Sudah Berkarya

Hari ini saya mendapatkan banyak sekali inspirasi dari sekumpulan orang. Yang menginspirasi memang bukan seorang bapak ataupun seorang ibu yang sudah merasakan banyak asam manisnya kehidupan. Tapi, kali ini saya diinspirasi oleh sekumpulan anak-anak muda.

Anak-anak muda ini pun bukan anak muda sembarangan. Anak muda ini telah memiliki berbagai macam pengalaman yang belum tentu dimiliki oleh anak-anak lainnya. Bukan hanya itu, berkat karya-karya yang telah mereka buat, mereka juga pernah mendapatkan berbagai macam penghargaan di bidangnya masing-masing.

Padahal masih muda, tapi kok sudah sehebat itu? Apa sih kira-kira resep rahasianya?

Dari keseluruhan pembicara pada acara sharing pengalaman yang saya ikuti, saya melihat satu kesamaan dari mereka semua. Mereka merupakan tipe orang yang sangat gigih dan pantang sekali menyerah. Hanya karena┬ásemangat lah, mereka bisa menelurkan karya-karya yang luar biasa hebatnya. Iya sesederhana itu. Karena “semangat” secara ajaib dapat menuntun kita dalam melangkah, yang tadinya kita takut untuk melangkah menjadi yakin seyakin-yakinnya.

Mahisa Ajy dan Baharuddin dari Manglesoft sedang sharing pengalaman
Mahisa Ajy dan Baharuddin (Manglesoft), serta Denmas dan Dennis (Lumachrome) bersiap untuk memberikan sedikit wejangan kepada adik-adik. (Cieilah adik-adik)

Saya, yang notabene “sedikit” lebih tua, pun menjadi malu sekaligus bangga terhadap mereka. Malu karena saya merasa kemampuan mereka jauh lebih terasah dibandingkan dengan saya sendiri pada seumuran mereka. Apa jadinya bila saya tak sesegera berbenah, mungkin saya bisa tertindas oleh mereka-mereka hehehe.. Saya pun juga bangga terhadap mereka. Siapa sih yang tidak bangga bila kita memiliki kawan-kawan yang “membanggakan” di bidangnya? Saya pun bangga, apalagi dengan niat mulia mereka yang mau berbagi pengalaman mereka selama ini. Luar biasa..

Untuk para jiwa-jiwa muda, cobalah untuk memanfaatkan waktu muda kalian dengan sebaik-baiknya. Karena jiwa muda itu adalah jiwa yang biasanya bebas untuk bereksplorasi kesana kemari. Temukanlah apa yang menjadi minat dan keunggulan kalian pada suatu bidang tertentu. Jangan bingung. Karena kuncinya hanya satu, yaitu jangan pernah sekalipun takut untuk mencoba. Pasti kalian akan menemukan jalan kalian sendiri suatu saat nanti. Percayalah.

Juga, jangan pernah takut dengan kritik. Karena kritik itu sifatnya membangun. Jika Anda merasa dijatuhkan dengan kritik-kritik yang diberikan kepada Anda, maka sampai kapanpun Anda tidak akan pernah maju. Jadikan kritik itu sebagai semangat untuk kemajuan Anda.

Sharing acara SITI
Inilah sekumpulan anak muda tersebut.

Teruntuk┬áManglesoft, Sysfotech, Lumachrome, PinkNoze Studio, Femmous, dan Manda Mila Budi. Kalian semua luar biasa. ­čÖé

The following two tabs change content below.

mahisaajy

PMG Ahli Pertama, Bidang Manajemen Database at BMKG
Seorang pemuda luar biasa yang mempunyai hobi menulis, membaca, dan bermusik. Tertarik dengan bidang ilmu komputer untuk memecahkan beberapa persoalan. Co-Founder Triglav ID dan Co-Founder METLIGO. Sejak tahun 2018 bekerja di BMKG di bagian Pusat Database.

Published by mahisaajy

Seorang pemuda luar biasa yang mempunyai hobi menulis, membaca, dan bermusik. Tertarik dengan bidang ilmu komputer untuk memecahkan beberapa persoalan. Co-Founder Triglav ID dan Co-Founder METLIGO. Sejak tahun 2018 bekerja di BMKG di bagian Pusat Database.

Leave a comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

%d bloggers like this: