Baca Buku: The Shallows – Internet Mendangkalkan Cara Berpikir Kita?

The Shallows by Nicholas Carr
The Shallows by Nicholas Carr

“Internet memang memberikan kemudahan dan kesenangan, tapi juga mengorbankan kemampuan kita dalam berpikir secara mendalam.”

The Shallows: What the Internet Is Doing to Our Brains
The Shallows: What the Internet Is Doing to Our Brains by Nicholas Carr

My rating: 4 of 5 stars

“Apakah internet mendangkalkan cara berpikir kita?
Internet memang memberikan kemudahan dan kesenangan, tapi juga mengorbankan kemampuan kita dalam berpikir secara mendalam.”

“Membaca buku cetak membuat kita dapat memfokuskan perhatian, mendorong aktivitas berpikir mendalam dan kreatif. Sebaliknya, Internet memaksa kita menelan informasi secara instan, cepat, dan massal sehingga membuat pikiran kita mudah teralihkan. Kita menjadi terbiasa membaca serba kilat dan cepat menyaring informasi, tapi akibatnya juga kehilangan kapasitas kita untuk berkonsentrasi, merenung, dan berpikir mendalam.”

Dalam membaca buku ini, (sebagai pengguna internet sehari-hari) tentu saja saya harus membuka pikiran saya lebar-lebar. Karena hampir secara keseluruhan penulisnya memaparkan dampak-dampak dari penggunaan internet.

Terlalu seringnya kita bergantung dengan internet, ternyata mempengaruhi cara otak kita dalam berpikir. Sebagai contoh, sekarang ini kita mulai bergantung pada perangkat GPS yang digunakan untuk memandu perjalanan. Pakar ilmu saraf, Eleanor Maguire, mengkhawatirkan bahwa navigasi GPS bisa memiliki efek yang besar terhadap neuron para supir taksi. Jika mereka semua mulai menggunakan GPS, basis pengetahuan itu akan menjadi lebih sedikit dan mungkin akan mempengaruhi berbagai perubahan otak yang akan kita saksikan. Para supir tersebut akan terbebas dari kerja keras mempelajari jalanan kota, tetapi mereka juga akan kehilangan keuntungan mental khas dari pelatihan itu. Otak mereka akan menjadi kurang menarik.

Namun, bukan berarti kita harus “menjauh” dari teknologi internet. Kita memang harus bijak dalam menggunakan suatu teknologi. Jangan lihat sisi positifnya saja, perhatikan juga sisi negatifnya. Dengan begitu kita menjadi lebih waspada terhadap teknologi internet yang ternyata seperti memiliki “dua mata pisau”.

“Ketika kita mulai bergantung pada komputer untuk menjadi perantara pemahaman kita tentang dunia, jangan-jangan kecerdasan kita sendirilah yang nantinya akan berubah menjadi kecerdasan buatan.”

Waspadalah.

View all my reviews

The following two tabs change content below.

mahisaajy

PMG Ahli Pertama, Bidang Manajemen Database at BMKG
Seorang pemuda luar biasa yang mempunyai hobi menulis, membaca, dan bermusik. Tertarik dengan bidang ilmu komputer untuk memecahkan beberapa persoalan. Co-Founder Triglav ID dan Co-Founder METLIGO. Sejak tahun 2018 bekerja di BMKG di bagian Pusat Database.

Published by mahisaajy

Seorang pemuda luar biasa yang mempunyai hobi menulis, membaca, dan bermusik. Tertarik dengan bidang ilmu komputer untuk memecahkan beberapa persoalan. Co-Founder Triglav ID dan Co-Founder METLIGO. Sejak tahun 2018 bekerja di BMKG di bagian Pusat Database.

Join the Conversation

2 Comments

Leave a comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

%d bloggers like this: