Apalah Arti Sebuah Nama

Shakespeare pernah mengatakan, “Apalah arti sebuah nama?” Mawar tetaplah mawar walau kau panggil dengan sebutan apapun. Wanginya akan tetap harum semerbak.

Cerita ini berawal dari pengalaman bertugas saya pada hari minggu kemarin. Sampai saat ini, saya memang masih bertugas menjadi Asisten Laboratorium Sistem Informasi di Kampus Gunadarma Kalimalang. Pada hari minggu kemarin, saya mengemban tugas menjadi ketua asisten selama seharian penuh dari shift pertama sampai terakhir di salah satu ruangan lab.

Ketika praktikum sedang berlangsung, teman se-ruangan saya pun mulai memberi-tahukan kejadian unik di sini. FYI, nama lengkap saya adalah Mahisa Ajy Kusuma. Namun, apa yang para praktikan tulis pada laporan praktikumnya ternyata tidak sesuai dengan kenyataan. Pada bagian “Ketua Asisten”, nama saya berubah (mungkin) tergantung selera para praktikan tersebut. Ada yang menulis “Mahisa Azy”, “Mahisa Aly”, dan lain sebagainya.

Saya sendiri tertawa melihat fenomena ini. Kenapa ini bisa terjadi? Apa karena nama saya yang tergolong unik bila pertama kali didengarkan, sehingga menyebabkan munculnya beberapa varian dari nama saya tersebut. Ah, saya juga bingung. Padahal saya merasa bahwa saya sudah menjelaskannya dengan begitu jelas pada pertemuan yang pertama.

Bahkan, ada lagi yang lebih lucu. Di shift terakhir praktikum, lagi-lagi ada yang menuliskan nama lain. Kali ini lebih aneh. “Mahita Ajy”. Ah, cantik sekali, bukan? Seketika itu saya langsung merasa cantik bila dipanggil dengan nama itu. 😀

apalah arti sebuah nama

Keren juga

Dalam karyanya, “Romeo and Juliet”, Shakespeare pernah mengatakan,

What’s in a name? that which we call a rose
By any other name would smell as sweet;

Iya, perumpamaannya bunga mawar. Kau tahu bunga mawar, kan? Jikalau bunga mawar tersebut kita panggil dengan sebutan lain, bukankah wanginya tetap wangi mawar yang harum semerbak itu?

Walau saya dipanggil dengan sebutan apapun, ya saya akan tetap menjadi seorang Mahisa Ajy Kusuma dengan segala kelebihan dan kekurangan yang saya miliki. Tidak lebih dan tidak kurang. 🙂

The following two tabs change content below.

mahisaajy

PMG Ahli Pertama, Bidang Manajemen Database at BMKG
Seorang pemuda luar biasa yang mempunyai hobi menulis, membaca, dan bermusik. Tertarik dengan bidang ilmu komputer untuk memecahkan beberapa persoalan. Co-Founder Triglav ID dan Co-Founder METLIGO. Sejak tahun 2018 bekerja di BMKG di bagian Pusat Database.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *