Baca Buku: Show Your Work!

“Show Your Work is a book about how to influence others by letting them steal from you.”

Show Your Work! 10 Ways To Share Your Creativity And Get Discovered. Inti dari buku ini adalah Show Your Work, yaitu menunjukkan apa yang sedang kamu kerjakan. Tujuannya bukan untuk memamerkan sesuatu, tapi untuk membeberkan proses kreatif yang kamu lakukan dalam menghasilkan suatu karya. Beranikah kamu membeberkan resep rahasia tersebut?

Dua hari yang lalu, saya baru saja membaca Show Your Work yang ditulis oleh Austin Kleon. Saya membaca buku ini dengan cara Tachiyomi, ini merupakan istilah dalam bahasa jepang yang menggambarkan kegiatan membaca yang dilakukan sambil berdiri di toko buku. Iya, alias membaca gratisan. Hehee tak apa, toh? Pengetahuan kan bisa didapat dengan cara apapun itu. Sampulnya yang menarik dan isi di dalam buku ini yang membuat saya betah membaca sampai habis di toko buku.

Buku Show Your Work
Buku “Show Your Work” oleh Austin Kleon (via austinkleon.com)

Pada salah satu bab dijelaskan mengenai konsep pembelajaran dan pengajaran. Jangan pernah takut memberi sesuatu, entah itu materi atau pengetahuan. Mengajarkan orang tentang sesuatu itu sama sekali tidak mengurangi ilmu yang kita punya, itu malah menambah. Semakin banyak memberi maka semakin banyak pula kita akan menerima. Malahan bila ilmu yang kita punya itu kita pendam sendiri, ilmu itu bisa hilang dan menjadi tidak berkah. Mengajarkan sesuatu itu secara tidak langsung juga dapat mengingat dengan lebih baik apa yang sedang kita pelajari. Pernahkah mendengar kalimat bijak ini, “Cara belajar terbaik adalah dengan mengajar”.

“Cara belajar terbaik adalah dengan mengajar”.

Bila kalian memiliki resep rahasia dalam melakukan suatu pekerjaan, jangan sungkan untuk menyebarluaskannya di internet. Tuliskanlah di blog atau publikasikan di media sosial lain, dan bukan tidak mungkin nanti akan ada seseorang yang sangat berterima kasih sekali kepada kalian. Bukan tidak mungkin juga peluang bisnis baru bisa terbuka bila kita melakukan hal tersebut.

Share something small, every day.

Setelah kalian menyelesaikan pekerjaan, temukanlah satu bagian kecil dari proses yang dapat kalian bagikan. Dokumentasikanlah. Selain untuk berbagi, tujuan lainnya adalah kalian bisa melihat langkah-langkah kecil yang telah kalian lakukan selama ini. Ya, untuk merekam jejak langkah kesuksesan.

Saya sekarang juga menjadi tergugah lebih dari sebelumnya, oleh karena itu saya harus membangkitkan mood saya untuk menulis setiap hari di blog ini setelah sebelum-sebelumnya saya jarang melakukan posting rutin di blog ini. Maklumi saja hehe. Apa yang sekiranya bermanfaat, akan coba saya bagikan.

Blog adalah media yang paling tepat menurut saya dibandingkan dengan Facebook, Twitter, atau media sosial lainnya. Karena tulisan-tulisan di blog lebih mudah ditemukan di halaman situs pencarian. Bagi yang belum memiliki blog, buatlah. Lalu, tuliskanlah cerita-cerita menarik yang sekiranya bermanfaat bagi yang membutuhkan. Blog juga bisa dijadikan sebagai ladang amal kita untuk berbagi. Bila kalian merasa apa yang kalian bagikan tersebut sangatlah biasa-biasa saja, namun bagi yang sangat membutuhkan itu adalah sesuatu yang luar biasa.

Oke, kesimpulannya buku ini sangat recommended untuk dibaca oleh semua orang. Jadi, mulai sekarang, “Show your work and tell your story behind your work.” 🙂

Show Your Work
Show Your Work (via austinkleon.com)
The following two tabs change content below.

mahisaajy

PMG Ahli Pertama, Bidang Manajemen Database at BMKG
Seorang pemuda luar biasa yang mempunyai hobi menulis, membaca, dan bermusik. Tertarik dengan bidang ilmu komputer untuk memecahkan beberapa persoalan. Co-Founder Triglav ID dan Co-Founder METLIGO. Sejak tahun 2018 bekerja di BMKG di bagian Pusat Database.

Published by mahisaajy

Seorang pemuda luar biasa yang mempunyai hobi menulis, membaca, dan bermusik. Tertarik dengan bidang ilmu komputer untuk memecahkan beberapa persoalan. Co-Founder Triglav ID dan Co-Founder METLIGO. Sejak tahun 2018 bekerja di BMKG di bagian Pusat Database.

Join the Conversation

1 Comment

Leave a comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

%d bloggers like this: