Meluangkan Waktu dengan Melihat Video di ted.com

Akhir-akhir ini, saya sering meluangkan waktu untuk menikmati video-video yang ada di situs ted.com. Banyak sekali pembicara hebat yang pernah berada di panggung TED. Banyak juga topik-topik menarik yang ditawarkan, mulai dari teknologi, ilmu pengetahuan, bisnis, hingga isu-isu global. Tinggal selera dari masing-masing kita saja yang menentukan bahwa video apa yang ingin kita lihat.

TED
Suatu saat nanti kaki saya akan menapak di panggung TED

Salah satu topik yang menarik minat saya adalah teknologi. Pada salah satu video, saya melihat video mengenai seorang anak bernama Thomas Suarez. Dia baru berumur 12 tahun, dan hebatnya dia sudah pernah membuat dua program. Entahlah, pada umur yang sama, apa yang saya lakukan pada saat kecil dahulu, tapi yang jelas anak berumur 12 tahun ini sudah berkutat dengan kode-kode program dan dia juga sudah memiliki kemampuan public speaking yang baik. Sungguh hebat.

Sujiwo Tejo juga pernah diundang di TED. Waktu itu beliau diundung di TEDxBandung. Kesan saya saat melihat beliau berceloteh di panggung adalah beliau seorang yang guyon dan cerdas. Walaupun kata-katanya terkesan ngelantur, tapi bila dipikirkan ada benarnya juga. Ada kata-kata unik yang dilontarkan oleh sang dalang nyentrik ini.

“Orang yang selesai kuliah adalah orang yang meneruskan sejarah. Tapi, orang yang DO adalah orang yang menjebol sejarah.”

Jangan! Pokoknya jangan sampai DO! Ingat orang tua yang sudah susah payah membiayai kita. Hehe..

Melihat video-video seperti yang ada di situs ted.com merupakan salah satu cara saya dalam menambah pengetahuan. Biasanya materi yang dibawakan di TED adalah bersifat santai, sehingga semua orang bisa mencernanya dengan baik.

Melihat suatu video juga merupakan salah satu alternatif saya dalam mempelajari suatu hal. Jika saya sudah merasa lelah membaca artikel-artikel di internet atau buku-buku, maka saya langsung beralih ke media video. Iya, video. Saya bebas melihatnya, entah itu dalam posisi berdiri, duduk, atau berbaring. Beruntung, saya memiliki smartphone yang tentunya dapat saya gunakan saat saya sedang bermalas-malasan.

Sebenarnya agak iri juga melihat mereka-mereka berada di atas panggung membawakan suatu materi dengan hebatnya. Ingin rasanya suatu saat nanti bisa berada di sana membawa nama baik Indonesia ke seluruh dunia.

Bisa!

The following two tabs change content below.

mahisaajy

PMG Ahli Pertama, Bidang Manajemen Database at BMKG
Seorang pemuda luar biasa yang mempunyai hobi menulis, membaca, dan bermusik. Tertarik dengan bidang ilmu komputer untuk memecahkan beberapa persoalan. Co-Founder Triglav ID dan Co-Founder METLIGO. Sejak tahun 2018 bekerja di BMKG di bagian Pusat Database.

Leave a Reply

%d bloggers like this: