Penambahan Fitur Baru pada Aplikasi Manglesoft

Dalam 2 minggu terakhir ini, saya dan rekan-rekan sedang melakukan pengembangan aplikasi laundry Manglesoft. Iya, Manglesoft sudah mulai masuk ke tahap pengembangan (update) yang pertama. Progressnya pun bisa dikatakan sudah mencapai 80%.

Salah satu fitur yang ditambah, yaitu terdapat grafik Informasi Keuangan di dashboard aplikasi
Salah satu fitur yang ditambah, yaitu terdapat grafik Informasi Keuangan di dashboard aplikasi

Untuk update yang pertama ini, kami menambahkan beberapa fitur tambahan, serta kami juga melakukan beberapa perbaikan pada aplikasi ini. Fitur-fitur yang baru tersebut di antaranya:

  1. Laporan keuangan yang lebih lengkap.
    Dalam laporan keuangan, sekarang terdapat fitur debit (pemasukan), kredit (pengeluaran), serta arus kas yang menggambarkan aliran masuk dan keluar kas perusahaan.
  2. Grafik informasi keuangan pada dashboard aplikasi.
    Selain grafik yang menggambarkan pengerjaan order (untuk order yang sudah selesai dan belum selesai), kali ini terdapat grafik tambahan yang menggambarkan laporan arus kas. Karena grafik lebih memudahkan untuk membandingkan dengan laporan arus kas pada bulan-bulan sebelumnya.
  3. Export data ke excel.
    Laporan klien (pelanggan), laporan order, laporan debit, laporan kredit, dan laporan arus kas dapat di-export ke dalam format excel. Sehingga nantinya memudahkan untuk pengarsipan data-data laundry.
  4. Terdapat perbaikan-perbaikan kecil.
  5. Dan masih ada lagi yang lainnya.

Berhubung dengan kesibukan yang menyertai kami masing-masing, jadinya pengerjaan ini pun dilakukan secara paralel. Iya, kami menyiasatainya dengan cara seperti itu. Pengerjaan secara paralel ini bisa mengefisienkan waktu, karena masing-masing dapat mengerjakan bagiannya tanpa perlu menunggu pekerjaan yang dilakukan oleh yang lain.

Nah, nanti bila masing-masing sudah menyelesaikan bagiannya, hal yang selanjutnya dilakukan adalah menyatukan semua file-file yang telah dimodifikasi tersebut. Kami juga melakukan pendokumentasian sendiri terhadap file apa yang ditambahkan atau dimodifikasi. Iya, supaya dalam penggabungannya nanti menjadi lebih mudah dan lebih jelas. Karena bahaya bila tidak didokumentasikan, dikhawatirkan nanti aplikasi tidak berjalan sebagai mana mestinya. Bisa berbahayaaaaaa, bukan?

Sampai sekarang ini pun saya masih disibukkan dengan pengembangan aplikasi ini. Doakan saja semoga cepat selesai. Kami sendiri menargetkan pada awal bulan Desember, update aplikasi yang pertama ini, sudah siap untuk dirilis ke publik.

Nah, bagi pengguna yang sudah menginstall aplikasi Manglesoft, nanti kalian cukup masuk ke menu “Pengaturan”, lalu pilih menu “Patching”. Setelah itu klik tombol “Get Patch”. Biarkan aplikasi me-list update yang ada. Nanti bila sudah muncul, kalian cukup melakukan klik tombol update saja dari situ. Sangat mudah pokoknya hehe.

Ohya, jangan lupa doakan temanmu ini ya. Semoga kita nanti sama-sama sukses. 🙂

Tentang Manglesoft

Manglesoft merupakan Paket Aplikasi yang dibuat secara khusus untuk membantu pekerjaan pada usaha pencucian baju atau yang saat ini banyak dikenal oleh masyarakat dengan “Laundry Kiloan”, pekerjaan yang dimaksud adalah Pengelolaan Dokumen, Pengelolaan Order Klien, Monitoring dan Pelacakan (Tracking) Pekerjaan, Manajemen Klien dan masih banyak lagi fitur – fitur dalam paket Aplikasi Manglesoft.

Web: http://www.manglesoft.co.id/

The following two tabs change content below.

mahisaajy

PMG Ahli Pertama, Bidang Manajemen Database at BMKG
Seorang pemuda luar biasa yang mempunyai hobi menulis, membaca, dan bermusik. Tertarik dengan bidang ilmu komputer untuk memecahkan beberapa persoalan. Co-Founder Triglav ID dan Co-Founder METLIGO. Sejak tahun 2018 bekerja di BMKG di bagian Pusat Database.

Published by mahisaajy

Seorang pemuda luar biasa yang mempunyai hobi menulis, membaca, dan bermusik. Tertarik dengan bidang ilmu komputer untuk memecahkan beberapa persoalan. Co-Founder Triglav ID dan Co-Founder METLIGO. Sejak tahun 2018 bekerja di BMKG di bagian Pusat Database.

Join the Conversation

2 Comments

  1. Wiih, keren bingits, Mas…. Semoga cepet beres dan bisa segera dirilis ke publik, ya… Cocok banget, soalnya sekarang ini laundry kiloan mulai menjamur, apalagi di Jogja…. 😀

    1. Hehe makasih, mas ditter. Aamiin. Bantu doakan ya, atau dengan senang hati bantu sebarkan ke temen-temen yang punya bisnis laundry 🙂

      Btw, terima kasih kunjungannya dan sudah mau berkomentar. 🙂

Leave a comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

%d bloggers like this: