Baca Buku: The Secret of Making Other People Like You

“Terdapat 6 poin penting yang dijelaskan dalam buku ini. Hal ini tentunya dapat diterapkan pada kehidupan sehari-hari, seperti dalam pertemanan, menjalin relasi, berbisnis, dan lain sebagainya.”

Kali ini, saya akan melakukan review buku yang baru saja selesai saya baca, yang berjudul: “The Secret of Making Other People Like You”. Buku ini ditulis oleh penulis bernama Dale Carnegie. Dale Carnegie adalah salah satu tokoh yang berpengaruh dalam hal pengembangan diri dan teknik-teknik menjalin relasi dengan orang lain.

Buku yang saya baca kali ini sangat tipis. Bukunya berukuran kecil, serta jumlah halamannya pun tak kurang dari 120 halaman. Setelah saya cari tahu, buku ini adalah intisari dari buku “How to Win Friends & Influence People”.

Baca buku dale carnegie
Baca buku dale carnegie

“The Secret of Making Other People Like You,” apabila diterjemahkan ke bahasa indonesia, maka menjadi, “Rahasia membuat orang lain menyukai Anda”. Judul yang sangat unik. Saya pun menjadi penasaran dengan isinya. Tujuan saya membaca buku ini tentunya bukan untuk mendapatkan seorang kekasih ๐Ÿ˜€ , tapi lebih kepada dalam kehidupan kita sehari-hari, seperti berteman, menjalin relasi, berbisnis, dan lain sebagainya.

Dalam buku ini, banyak hal-hal sederhana yang sering kita sepelekan, namun ternyata malah berpengaruh luar biasa dalam mempererat hubungan kita terhadap orang lain.

Terdapat 6 poin penting yang ada dalam buku ini:

  1. Bersungguh-sungguhlah menaruh minat pada orang lain.
  2. Tersenyumlah!
  3. Ingatlah nama seseorang.
  4. Jadilah pendengar yang baik. Dorong orang lain untuk berbicara mengenai diri mereka.
  5. Bicaralah mengenai minat orang lain.
  6. Buat orang lain merasa penting – dan lakukan dengan tulus.

Bersungguh-sungguhlah menaruh minat pada orang lain

Ini prinsip yang pertama. Seorang penyair Roma terkenal, Publilius Syrus, mengatakan: “Kita tertarik pada orang lain ketika mereka tertarik pada kita.”

Kalau kita cuma berusaha memberi kesan pada orang lain dan berusaha membuat orang lain tertarik pada kita, kita tidak akan pernah punya banyak teman sejati dan tulus. Teman sejati tidak diperoleh dengan cara itu.

Tersenyumlah

Cara sederhana untuk membuat kesan pertama yang baik adalah dengan tersenyum. ๐Ÿ™‚ Saya selalu menerapkannya ke setiap orang yang saya temui. Entahlah mungkin karena kebiasaan atau apa, tapi saya percaya sebuah senyum itu dapat meruntuhkan diding pembatas di antara kita. ๐Ÿ˜€

Yang saat ini sedang kita bicarakan adalah tentang senyum sejati, senyum yang hangat, dan senyum yang didasarkan dari dalam diri.

Apapun kondisi Anda, tersenyumlah. Kebahagiaan itu kan tidak tergantung pada kondisi-kondisi yang ada di luar. Kebahagiaan itu tergantung pada kondisi dari dalam. Tersenyumlah hehe, karena senyum menandakan sebuah utusan dari niat baik Anda.

Mengingat nama seseorang

Ada kesan tersendiri saat nama kita dipanggil oleh seseorang. Apalagi apabila nama kita tergolong nama yang sulit sekali untuk diucap. Nah, jika seperti itu, bila nama kita berhasil diucapkan oleh seseorang pasti kita merasa dihargai oleh orang tersebut. Pasti, saya berani jamin. Hehe.

Dalam mengingat nama, saya termasuk orang yang mengalami kesulitan dalam mengingat nama. Akhirnya saya mencoba untuk mencari tahu bagaimana caranya agar dapat mengatasi kendala tersebut. Hampir semuanya mengatakan bahwa kita harus berusaha mengaitkan nama tersebut di kepala kita dengan ciri khas, ekspresi, dan penampilan umum orang tersebut. Iya, patut dicoba. Ohya satu lagi, kalau perlu catat di aplikasi notes kalian tentang orang-orang yang baru ditemui, sehingga membantu kita dalam mengingat orang-orang tersebut.

Menjadi pendengar yang baik

Berikanlah perhatian penuh kita kepada lawan bicara.ย Tidak ada hal lain yang sangat menyanjung selain melakukan hal tersebut. Maka bila Anda ingin menjadi seorang pembicara yang baik, jadilah pendengar yang penuh perhatian. Untuk menjadi menarik, tertariklah pada orang lain. Ajukan pertanyaan-pertanyaan yang orang lain akan senang menjawabnya. Beri semangat mereka agar bicara tentang diri mereka dan hasil sukses mereka.

Bicaralah mengenai minat orang lain

Jalan penting menuju hati seseorang adalah berbicara tentang hal-hal yang paling mereka hargai dan yang paling mereka sukai. Jika dia orang yang sangat penting, usahakan kita mempelajari latar belakang orang tersebut, agar saat berkomunikasi membuat ia menjadi bersemangat.

Buat orang lain merasa penting

Ada satu hukum penting mengenai tindak-tanduk manusia. Hukum itu adalah: selalu buat orang lain merasa dirinya penting. Kalau mematuhinya kita hampir tidak akan pernah mendapatkan kesulitan dan selalu mengalami kebahagiaan yang konstan. “Prinsip terdalam pada sifat dasar manusia adalah perasaan untuk dihargai.”

Selamat mencoba.

The following two tabs change content below.

mahisaajy

PMG Ahli Pertama, Bidang Manajemen Database at BMKG
Seorang pemuda luar biasa yang mempunyai hobi menulis, membaca, dan bermusik. Tertarik dengan bidang ilmu komputer untuk memecahkan beberapa persoalan. Co-Founder Triglav ID dan Co-Founder METLIGO. Sejak tahun 2018 bekerja di BMKG di bagian Pusat Database.

3 Comments

  1. artikel anda mengenai “aktivitas membaca” sangat bermanfaat dan menginspirasi khususnya untuk saya yg memiliki banyak sekali waktu luang, dan bisa dibilang sangat terpuruk karena satu dan lain hal, bahkan untuk membuat comment ini karena biasanya saya kalau comment asal2an.

    good job

Leave a Reply

%d bloggers like this: