Sesudah Kesulitan Ada Kemudahan

Tuhan benar, “Sesungguhnya sesudah kesulitan itu ada kemudahan.”

Saya benar-benar merasakan Janji-Nya tersebut. Hal ini saya alami di tempat kerja saya. FYI, saya sedang mengerjakan aplikasi terkait dengan bidang yang saya minati, yaitu Image Processing. Sebenarnya bidang ini masuk juga ke ranah Computer Vision. Saya sedang mengalami kesulitan dalam memecahkan suatu permasalahan. Metode yang saya gunakan ternyata dapat dikatakan kurang tepat untuk menghadapi permasalahan yang ada. Ketika aplikasi dijalankan, terkadang timbul hal-hal aneh yang tidak seharusnya terjadi. Pada beberapa hari yang lalu, aplikasi ini pun lagi-lagi tak berjalan sebagaimana mestinya. Betapa malunya saya saat itu ketika hal yang tak seharusnya terjadi ini malah terjadi. Menyalahkan diri sendiri pun sepertinya tidak ada gunanya. Ya sudahlah, ini mungkin pelajaran berharga yang bisa saya dapat.

Namun, sebelum pulang, saya bersama rekan-rekan tim mendiskusikan kembali hal ini. Atasan saya merekomendasikan untuk menggunakan suatu metode yang menurutnya ampuh. Ketika saya mendengarnya, saya sempat ragu, apakah metode ini berhasil diterapkan atau tidak. Metode yang disarankannya sebenarnya sangat sederhana dan entah kenapa tidak terpikirkan sebelumnya oleh saya.

Esoknya, saya menerapkan metode tersebut. Duarrr. Sempurna. Aplikasi berjalan dengan sempurna. Hasilnya lebih baik dengan sebelumnya. Dari sinilah mulai muncul harapan-harapan baru. Harapan yang membuat saya kembali bersemangat mengerjakannya. Padahal pada waktu itu, saya merasa sedikit kehilangan kepercayaan diri. Namun, dengan cepatnya, Tuhan menunjukkan kuasanya. Saya menemukan kemudahan sesudah kesulitan yang saya alami sebelumnya. Luar biasa. Kelihatannya tidak mungkin, tapi ini benar terjadi.

Hari ini juga dilakukan demo aplikasi. Namun, kali ini ditujukan untuk orang-orang yang berseragam. Alhamdulillah hari ini berjalan cukup lancar. Mungkin karena berkah Ramadhan. Hehe..

Task list untuk minggu depan pun sudah disusun. Oke, semangat mengejar target.

Di dalam pikiran saya, selalu tertanam ajakan untuk terus berusaha dan terus mencoba. Lagipula sebenarnya tidak ada salahnya mencoba, toh tak apa gagal, toh pasti kita mendapat pelajaran dari situ. Bila dipikir-pikir, kegagalan sebenarnya adalah ketika kita memilih untuk berhenti mencoba. Itu..

The following two tabs change content below.

mahisaajy

PMG Ahli Pertama, Bidang Manajemen Database at BMKG
Seorang pemuda luar biasa yang mempunyai hobi menulis, membaca, dan bermusik. Tertarik dengan bidang ilmu komputer untuk memecahkan beberapa persoalan. Co-Founder Triglav ID dan Co-Founder METLIGO. Sejak tahun 2018 bekerja di BMKG di bagian Pusat Database.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *