Mendukung Bisnis Teman

Saya memiliki beberapa teman yang sedang menjalani sebuah bisnis atau usaha, di antaranya ada yang berkutat di bidang jasa pembuatan website, jasa pembuatan aplikasi, jasa pop art wajah, dan banyak lagi yang lainnya. Selain dalam bidang teknologi informasi, ada juga teman saya yang sedang berbisnis makanan. Misalnya, sosis laraz, yang dari penamaannya pun cukup unik. Kepanjangan dari laraz adalah laku kerazzz 🙂

Saya salut kepada mereka yang berani mengambil resiko dengan menjadi seorang pebisnis atau pengusaha. Banyak sebenarnya tantangan ke depannya yang mungkin belum mereka hadapi. Tapi, yang jelas, para pebisnis tersebut harus memiliki mental baja. Tidak boleh cengeng dan harus tangguh bila nantinya menghadapi kondisi separah apapun.

Mendukung Bisnis Teman
Mendukung Bisnis Teman

Bagi sesama pebisnis, sebenarnya kita perlu untuk saling mendukung dan saling bersinergi. Banyak sekali manfaat yang bisa didapat, salah satunya adalah market yang tentu saja bisa meluas karena memanfaatkan koneksi-koneksi sesama pebisnis.

Tak hanya sebagai sesama pebisnis saja. Misalnya kalian belum terjun ke dunia usaha, kalian juga sudah seharusnya men-support teman kalian yang sedang menjalani usahanya tersebut. Memang sudah seharusnya kita saling memakmurkan. Kasarnya, kenapa kita cenderung lebih suka memilih memakmurkan orang-orang yang tidak kita kenal (dengan membeli produk-produk ternama), padahal kita juga bisa memakmurkan orang-orang yang kita kenal (dengan membeli produk milik teman). Jangan pernah ada perasaan gengsi ketika membeli produk teman yang notabene misalnya belum terlalu “keren” tersebut. Selalu beri masukan dan beri dukungan kepadanya.

Saya punya pandangan seperti ini,

“Kita harus saling membantu satu sama lain. Ketika ada yang meminta bantuan kita, bantulah selagi kita bisa. Namun, ketika kita yang membutuhkan bantuan, maka tidak usah bingung lagi. Yakinlah, Allah bersama kita. Yakinlah, kita dikelilingi oleh teman-teman terbaik kita, yang senantiasa membantu kita di kala kita membutuhkan bantuannya.”

Yuk, saling mendukung dan membantu satu sama lain. Apalagi bagi yang sesama muslim. Ingat, sesama muslim itu bersaudara. Hehe, iya, hubungan kita lebih dari teman, bro. Kita bersaudara 🙂

The following two tabs change content below.

mahisaajy

PMG Ahli Pertama, Bidang Manajemen Database at BMKG
Seorang pemuda luar biasa yang mempunyai hobi menulis, membaca, dan bermusik. Tertarik dengan bidang ilmu komputer untuk memecahkan beberapa persoalan. Co-Founder Triglav ID dan Co-Founder METLIGO. Sejak tahun 2018 bekerja di BMKG di bagian Pusat Database.

Leave a Reply

%d bloggers like this: