Melakukan Kesalahan adalah Cara Kita Belajar

Hari ini, sebelum pulang dari kantor, saya sempatkan untuk membaca buku “The Business School – For People Who Like Helping People” yang ditulis oleh Robert T. Kiyosaki dan Sharon L. Lechter.

image
Buku Rich Dad's The Business School

Dalam setiap buku, pasti ada poin-poin tertentu yang membuat hati kita langsung tergerak dan spontan hati kita mengatakan:

“Iya jugaaa, yaa.”
“Hmm. Beneerr, nihhh!”

Di beberapa lembar halaman awal, saya menemukan poin menarik, yakni:

“Orang-orang yang maju adalah orang yang melakukan kesalahan terbanyak dan belajar dari kesalahan itu.”

“Melakukan kesalahan adalah cara kita belajar. Kita belajar naik sepeda dengan jatuh dan naik lagi, jatuh dan naik lagi.”

“Anda mungkin tidak akan belajar naik sepeda kalau Anda dihukum ketika jatuh dan diberi nilai jelek dalam mengendarai sepeda.”

Iyaaa kan.

Poin inti yang saya dapatkan adalah jangan sampai rasa takut salah menyebabkan kita untuk berhenti mencoba atau melangkah.

Melakukan kesalahan adalah cara kita belajar. Namun, melakukan kesalahan dan tidak mengakuinya, ataupun sampai menyalahkan orang lain, itu yang tidak dibenarkan. 🙂

Yuk, belajar dari kesalahan.

The following two tabs change content below.

mahisaajy

PMG Ahli Pertama, Bidang Manajemen Database at BMKG
Seorang pemuda luar biasa yang mempunyai hobi menulis, membaca, dan bermusik. Tertarik dengan bidang ilmu komputer untuk memecahkan beberapa persoalan. Co-Founder Triglav ID dan Co-Founder METLIGO. Sejak tahun 2018 bekerja di BMKG di bagian Pusat Database.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *