Mengikuti Acara Pembukaan Diklatsar BMKG 2018

Alhamdulillahirabbil ‘alamin. Tak henti-hentinya Allah memberikan rahmatnya kepada hamba-Nya. Sudah sepatutnya kita menjadi hamba yang senantiasa mengucap syukur kepada-Nya.

Teringat akan firman Allah dalam surat Ibrahim.

“Dan (ingatlah) ketika Rabbmu memaklumkan, “Sesungguhnya jika kamu bersyukur, niscaya Aku akan menambah (nikmat) kepadamu, tetapi jika kamu mengingkari (nikmat-Ku), maka pasti azab-Ku sangat berat.” [Ibrahim/14:7]

Hari ini, baru saja saya mengikuti acara pembukaan Pelatihan Dasar CPNS Golongan III Tahun 2018. Acara tersebut berlangsung di Citeko, Bogor. Dengan memakai seragam putih hitam dan tak lupa mengenakan dasi, kami berangkat dari kantor BMKG pusat pada pukul 6 pagi.

Pagi ya.. Berhubung lokasi rumah saya, cukup lumayan dari kantor. Akhirnya saya putuskan malam sebelumnya saya menginap di kantor. Ya, bersama teman-teman yang lain di Pusat Database.

Perjalanan ke Citeko sih lumayan ya. Kalau lihat di Maps sih sekitar 76 km. Jam 8 kurang, kami sudah sampai di sana.

Sesampainya di sana, saya bertemu teman-teman CPNS yang sudah lebih dahulu mengikuti kegiatan Diklatsar. Hehe dari total 82 CPNS yang diterima di BMKG, kami dibagi menjadi 3 golongan. Golongan 1 sudah diberangkatkan terlebih dahulu. Golongan 2 dan 3 belum dimulai. InsyaAllah hari Ahad nanti, tanggal 25 Maret, kami menyusul berangkat ke sana. Nah kalau pada hari ini kami ke Citeko, hanya untuk mengikuti pembukaan diklatsar secara resminya.

Di sana tempatnya nikmat sekali. Sejuk. Semoga otak bisa menjadi lebih segar, dan menjadi lebih fresh dibandingkan saat ini. Yang perlu diwaspadai dari cuaca di sini adalah agar tidak mengantuk. Karena bawaannya pasti ingin tidur melulu, ya?

Kami mengikuti kegiatan Diklatsar ini adalah sebagai syarat bagi CPNS untuk diangkat menjadi PNS. Untuk info lengkapnya mungkin bisa baca di sini: https://id.wikipedia.org/wiki/Diklat_prajabatan . FYI, dulu namanya diklat prajabatan, namun sekarang namanya menjadi diklat dasar (diklatsar).

Secara singkatnya, tujuannya adalah agar menjadi Pegawai ASN yang profesional. Sebagai pelaksana, pelayan publik, dan pemersatu bangsa.

Tadi kami baru dapat info mengenai fasilitas di sana. InsyaAllah dapat makan 3 kali sehari, laundry, dan fasilitas olahraga seperti basket, futsal, voli, dan ada kolam renang juga.

Ya, semoga nanti saya bisa mengikut kegiatan ini dengan baik. Mohon doanya untuk kelancaran karena insyaAllah kami akan berada di sana selama 33 hari ke depan.

Oke, mungkin ini saja yang bisa saya tuliskan. Soalnya lagi ingin menulis kembali dan ingin berbagi pengalaman kepada teman-teman.

Salam Sukses. See you on top, guys!

The following two tabs change content below.

mahisaajy

PMG Ahli Pertama, Bidang Manajemen Database at BMKG
Seorang pemuda luar biasa yang mempunyai hobi menulis, membaca, dan bermusik. Tertarik dengan bidang ilmu komputer untuk memecahkan beberapa persoalan. Co-Founder Triglav ID dan Co-Founder METLIGO. Sejak tahun 2018 bekerja di BMKG di bagian Pusat Database.

Leave a Reply

%d bloggers like this: