Selamat malam.

Kali ini saya ingin berbagi pengalaman kepada teman-teman tentang training yang saya ikuti tadi. Agar tidak lupa, saya niatkan untuk menulis tulisan ini.

Training yang saya ikuti ini tentang “Automation Map Production using Python Scripting”, yang dibawakan oleh ESRI.

Kurang lebih training ini diadakan dengan tujuan agar BMKG bisa meng-automatisasi pengolahan, analisis, dan publikasi data cuaca dalam ArcGIS.

Menarik, bukan? Mendengar kata automatisasi merupakan sebuah kenikmatan tersendiri dibandingkan kita melakukan cara-cara manual, walaupun saya belum mengerti cara-cara tersebut hehe.

Di BMKG sendiri, saya belum terlibat dalam proyek GIS. Begitu pun juga dalam perkuliahan ataupun dalam pekerjaan sebelumnya. Alhasil pengalaman saya di GIS ini pun masih dibilang minim. Oleh karena itu, perlu belajar secara mandiri dan memanfaatkan training ini dengan baik.

Presentasi pertama menjelaskan tentang ArcGIS Enterprise, yang disampaikan oleh Anne Hanifah.

Apa itu ArcGIS Enterprise?

Bisa dilihat pada gambar berikut ini:

Pada intinya ArcGIS Enterprise ini adalah gabungan dari ArcGIS Web Adaptor + Portal for ArcGIS + ArcGIS Server + ArcGIS Data Store.

  • ArcGIS Server ini mengubah data-data yang ada menjadi sebuah service, yang nantinya dalam bentuk json.
  • ArcGIS Data Store ini adalah database yang dimanage oleh ArcGIS Server.
  • Portal for ArcGIS adalah sebuah portal atau tampilan website untuk memunculkan data-datanya.
  • ArcGIS Web Adaptor berguna sebagai security tambahan, mencegah port-port lainnya diakses dari luar.

Kurang lebih pada sesi ini menjelaskan seputar ArcGIS Enterprise tersebut.

BMKG juga punya Portal GIS yang bisa dilihat pada link berikut ini: http://gis.bmkg.go.id/

Untuk sesi berikutnya adalah pengenalan bahasa pemrograman Python dan ArcPy.

Ya, lagi-lagi Python hampir digunakan di banyak aspek. Script-script python ini nantinya digunakan untuk membuat automatisasi.

Materi Python ini disampaikan oleh Keenan Mandela Gebze.

Tadi dari pihak mereka juga menyarankan untuk ikut kursus online gratis tentang Python. Silahkan berkunjung ke link berikut ini: https://www.esri.com/training/catalog/57630436851d31e02a43f13c/python-for-everyone/

Yang menarik di sini adalah adanya ArcPy.

Apa itu ArcPy?

ArcPy is a Python site package that provides a useful and productive way to perform geographic data analysis, data conversion, data management, and map automation with Python.

Jadi, ArcPy ini adalah semacam site package yang telah disediakan di ArcGIS untuk menyelesaikan permasalahan seputar GIS.

Dan uniknya ArcPy ini ternyata berlisensi, sehingga tak semuanya bisa menggunakan ArcPy ini.

Sekedar info, ketika training ini kami diwajibkan untuk menginstall ArcGIS Desktop di laptop masing-masing. Dan seperti yang sudah Anda duga, ArcGISnya pun berbayar, sehingga kami diberikan serial number untuk dapat digunakan selama 10 hari. Sedikit sekali yaa. 🙂

Nah ketika ArcGIS sudah kami masukkan serial numbernya, barulah ArcPy nya bisa digunakan.

Kurang lebih sebenarnya baru ini saja yang saya pelajari hari ini. Mulai dari pengenalan ArcGIS Enterprise, Instalasi ArcGIS Desktop, Pengenalan Python, hingga Pengenalan ArcPy. Dan besok InsyaAllah materinya berlanjut tentang “Python scripting untuk automatisasi pengolahan, analisis, dan publikasi data cuaca dalam ArcGIS”.

Mohon maaf jika ada penjelasan-penjelasan yang kurang tepat. Karna kesalahan ada di saya, dan Kebenaran ada pada Allah SWT.

Mohon koreksinya. Semoga bermanfaat

The following two tabs change content below.

mahisaajy

PMG Ahli Pertama, Bidang Manajemen Database at BMKG
Seorang pemuda luar biasa yang mempunyai hobi menulis, membaca, dan bermusik. Tertarik dengan bidang ilmu komputer untuk memecahkan beberapa persoalan. Co-Founder Triglav ID dan Co-Founder METLIGO. Sejak tahun 2018 bekerja di BMKG di bagian Pusat Database.

Published by mahisaajy

Seorang pemuda luar biasa yang mempunyai hobi menulis, membaca, dan bermusik. Tertarik dengan bidang ilmu komputer untuk memecahkan beberapa persoalan. Co-Founder Triglav ID dan Co-Founder METLIGO. Sejak tahun 2018 bekerja di BMKG di bagian Pusat Database.

Leave a comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

%d bloggers like this: