Persiapan sebelum Berangkat ke Pusdiklat BMKG untuk Presentasi Laporan Aktualisasi

Aktualisasi Mahisa Ajy Kusuma - CPNS BMKG

SELAMAT PAGI!

PAGI! PAGI! PAGI! BMKG LUAR BIASA!

Itulah seruan yang sering sekali disuarakan pada saat menguikuti pelatihan Diklatsar, pada bulan April lalu, di Pusdiklat BMKG yang terletak di Citeko, Bogor. Kadang rindu ya akan suasana-suasana di sana. Jauh dari rumah, jauh dari teman-teman yang biasa kita selalu ketemu di organisasi, dan saat itu hanya dipertemukan teman yang itu-itu saja! 🙂 Tidak lain dan tidak bukan ya teman-teman dari CPNS. Semoga mereka semua selalu dalam lindungan Allah SWT. Aamiin.

Di sana itu kita selalu bareng-bareng. Tidur bareng (maksudnya beda kasur ya ini wkwk), tiap pagi olahraga bareng jam 05:15 pagi, abis itu dilanjut makan pagi bareng, apel pagi dan apel malam juga, dan di kelas pun bareng juga. Dari senin sampai sabtu. Shalat berjamaah pun tak lupa bareng-bareng. Masya Allah. Pasti membekas ya kebersamaan ini.

Masa-masa di Citeko pun usai sudah. Kami mulai kembali lagi bekerja di Kantor Pusat BMKG. Yang pada akhirnya saya ditempatkan di Bidang Manajemen Database, khususnya Sub Bidang Manajemen Database MKG. Dan hari-hari di tempat kerja itu pun sudah kita lewati, hingga tiba saatnya kita untuk kembali lagi ke Citeko.

Beberapa hari lalu, kita telah mendapat kabar bahwa kita akan berangkat kembali ke Pusdiklat BMKG, yang terletak di Citeko Bogor, nanti tanggal 30 Agustus 2018, yang jatuh pada hari kamis. Kamis sore katanya kami diberangkan ke sana. Tidak seperti diklat lalu ya yang sampai 33 hari itu, namun kami berada di sana hanya dari tanggal 30 Agustus sampai 2 September saja.

Namun, sebelum kembali ke Citeko itu kita tidak hanya setor badan aja ya terus langsung ke sana gitu. Melainkan kami juga harus mempersiapkan laporan aktualisasi. Dan benar saja, setelah saya survei ke teman-teman CPNS, bahwasanya mereka saat ini sedang sibuk akan laporan aktualisasinya masing-masing. Karena keperluan di Citeko adalah untuk mempresentasikan laporan aktualisasi. Mohon doanya, netizen yang baik dan budiman.

Mempersiapkan Laporan Aktualisasi

Sebenernya kita hanya memiliki dua tugas. Yang pertama adalah membuat laporan aktualisasinya beserta file presentasinya, dan yang ke-dua adalah mempresentasikannya itu. Tapi, paling ada tugas yang ke-tiga, yaitu merevisi laporan tersebut 🙂

Penerapan nilai ANEKA yang menjadi topik utamanya dalam laporan aktualisasi ini. Sudah tahu apa itu ANEKA? Kepanjangan dari ANEKA adalah Akuntabilitas, Nasionalisme, Etika Publik, Komitmen Mutu, dan Anti Korupsi. Nilai-nilai inilah yang harus diingat oleh kami. Seharusnya bukan pada saat ini saja ya, tapi seumur hidup. Karena ini adalah nilai-nilai dasar dari seorang ASN (Aparatur Sipil Negara).

Pada laporan aktualisasi saya, saya mengangkat topik berjudul, “Pemaksimalan Aplikasi Si-Kece (Sistem Quality Control Data) untuk Layanan Data Meteorologi dan Klimatologi.”

Aktualisasi Mahisa Ajy Kusuma - CPNS BMKG

Aktualisasi Mahisa Ajy Kusuma – CPNS BMKG

 

Baik, teman-teman. Ini saja yang bisa saya bagikan.

Semangat selalu ya.

#asnzamannow

The following two tabs change content below.

mahisaajy

PMG Ahli Pertama, Bidang Manajemen Database at BMKG
Seorang pemuda luar biasa yang mempunyai hobi menulis, membaca, dan bermusik. Tertarik dengan bidang ilmu komputer untuk memecahkan beberapa persoalan. Co-Founder Triglav ID dan Co-Founder Manglesoft (Laundry Application). Sejak tahun 2018 bekerja di BMKG di bagian Pusat Database.

5 thoughts on “Persiapan sebelum Berangkat ke Pusdiklat BMKG untuk Presentasi Laporan Aktualisasi

  1. Kalo udah rilis gini, bau-baunya udah beres nih, mas. Hehe

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *