Rapat Bulanan dengan Tim Bidang Manajemen Database

Ini merupakan kali pertama saya mengikuti rapat dengan rekan-rekan di satu bidang manajemen database BMKG. Dikarenakan sebelumnya saya mengikuti kegiatan Diklatsar ke Citeko selama kurang lebih 33 hari. Juga, sebelumnya saya ditempatkan di bidang yang berbeda, yaitu bidang pengembangan database BMKG. Mengacu pada SK yang saya terima, di SK saya ditempatkan di bidang manajemen database, alhasil saya dikembalikan ke bidang yang sesuai dengan SK. Hehe agak complicated ya. Tak mengapa.

Untuk lebih lengkapnya, struktur organisasi di Pusat Database BMKG, bisa dilihat pada gambar berikut ini:

Struktur Organisasi BMKG (https://www.bmkg.go.id/profil/?p=struktur-organisasi)

 

 

Pusat Database BMKG

 

Ya, kurang lebih seperti itu.

Di bidang manajemen database, lebih khususnya lagi, saya ditempatkan di subbidang manajemen database MKG. MKG merupakan kepanjangan dari Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika. Jadi di subbidang ini, saya mempunyai tugas untuk memanage data-data MKG, sekaligus juga melakukan pelayanan data. Untuk melihat tupoksi (tugas pokok dan fungsi) lebih lengkapnya, teman-teman bisa melihat Perka BMKG Nomor 3 Tahun 2016 Tentang Organisasi dan Tata Kerja BMKG, yang bisa di-download di sini.

Pada rapat tadi, kami me-review apa yang telah dilakukan selama sebulan terakhir. Sekaligus juga untuk menyelaraskan antara masing-masing sub bidang di manajemen database, agar bisa bersinergi dengan baik. Alhamdulillah ya, jadi bisa melihat gambaran secara lebih luas di bidang manajemen database.

Yang menariknya, di bidang manajemen database ini kami bertanggung jawab terhadap data-data MKG. Oleh karena itu, perlu diperhatikan kualitas dan kuantitas data-nya. Karena jika datanya salah, maka informasi yang dihasilkan pun akan salah. Nah, kan. Sangat vital sekali.

Saya rasa cukup sekian. Semoga ke depannya, BMKG bisa memberikan pelayanan yang semakin baik, serta saya bisa ikut berkontribusi untuk membantu orang-orang sekitar dan masyarakat luas.

Semoga sukses selalu, rekan-rekan BMKG dan rekan-rekan di luar sana.

The following two tabs change content below.

mahisaajy

PMG Ahli Pertama, Bidang Manajemen Database at BMKG
Seorang pemuda luar biasa yang mempunyai hobi menulis, membaca, dan bermusik. Tertarik dengan bidang ilmu komputer untuk memecahkan beberapa persoalan. Co-Founder Triglav ID dan Co-Founder METLIGO. Sejak tahun 2018 bekerja di BMKG di bagian Pusat Database.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *