Membantu Proyek Perubahan Diklat PIM IV dengan Tema “Penyusunan Standar Pengembangan Aplikasi”

Semenjak saya menjadi bagian dari ASN (Aparatur Sipil Negara) di BMKG, ada banyak istilah baru yang belum pernah saya dengar sebelumnya. Salah satunya adalah Diklat PIM, yang merupakan kepanjangan dari Diklat Kepemimpinan.

Diklat Kepemimpinan adalah proses penyelenggaraan belajar mengajar untuk mencapai persyaratan kompetensi kepemimpinan aparatur pemerintah yang sesuai dengan jenjang jabatan struktural (Perka LAN Nomor 25 Tahun 2015 Pasal 1 Ayat 5). Diklat Kepemimpinan bertujuan untuk memberikan wawasan, pengetahuan, keahlian, keterampilan, sikap, dan perilaku dalam bidang kepemimpinan aparatur sehingga mencapai persyaratan kompetensi kepemimpinan dalam jenjang jabatan struktural tertentu.

Sederhananya begini, kalau saya sebagai CPNS kan mengikuti Diklatsar (Diklat Dasar) ya, nah untuk pimpinan ini dinamakan Diklat PIM. Angka IV itu menandakan tingkat eselonnya.

Di Pusat Database BMKG, tempat saya bekerja, ada Kasubid (Kepala Sub Bidang) yang sedang menjalani Diklat PIM IV, beliau adalah Dr. Regina Yulia Yasmin. Fyi, pada Diklat PIM terdapat sebuah tugas untuk membuat Proyek Perubahan. Untuk membantu penyelesaian Proyek Perubahan tersebut, dibentuklah Kelompok Kerja (PokJa). Saya diikutsertakan dalam Kelompok Kerja tersebut.

Proyek Perubahan yang beliau kerjakan ini mengambil tema tentang “Penyusunan Standar Pengembangan Aplikasi”.

Ini menarik sekali. Standar pengembangan aplikasi memang dibutuhkan untuk keseragaman. Jika standarnya sudah dibuat, maka Pengembang Aplikasi hanya tinggal mengikuti panduannya saja. Dan, bagi BMKG, ini merupakan sebuah langkah positif agar setiap aplikasi yang ada di BMKG, memiliki kelengkapan dan keseragaman format sehingga memudahkan untuk pengembangan berikutnya jika diperlukan.

Terbentuklah enam kelompok kerja. Saya masuk di kelompok tiga bersama dengan Mas Didit dan Mba Olymphia. Kelompok Kerja kami diamanahkan untuk membantu mengerjakan kelompok dokumen Standar Penggunaan dan Instalasi Aplikasi, yang terdiri dari:

  • Dokumen User Guide dan Detail Instruction
  • Dokumen Software Versioning
  • Dokumen Instalasi

Tadi siang, kami baru saja melaksanakan meeting untuk memaparkan kemajuan mingguan. Alhamdulillah sudah hampir selesai untuk bagian kami, tinggal menyelesaikan saja revisi-revisinya.

Semoga dimudahkan dan sukses selalu untuk semuanya.

Salam.

The following two tabs change content below.

mahisaajy

PMG Ahli Pertama, Bidang Manajemen Database at BMKG
Seorang pemuda luar biasa yang mempunyai hobi menulis, membaca, dan bermusik. Tertarik dengan bidang ilmu komputer untuk memecahkan beberapa persoalan. Co-Founder Triglav ID dan Co-Founder Manglesoft (Laundry Application). Sejak tahun 2018 bekerja di BMKG di bagian Pusat Database.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *