Tips Menghafal Sejarah dari Ustadz Daniel Barkah

Di Masjid Ardhussalaam BMKG, setiap pekannya diadakan kajian. Biasanya setiap hari selasa dan rabu. Kajian ini dimulai dari bada dzuhur hingga pukul satu siang.

Alhamdulillah, saya bersyukur bisa berada di lingkungan seperti ini. Urusan dunia pun mau tak mau dikesampingkan dulu. #duniaminggir. Iman pun harus selalu di-charge agar hidup ini menjadi seimbang antara urusan dan akhirat. #DSAS (Dunia Sementara Akhirat Selamanya)

Hari ini, kajian dibawakan oleh Ustadz Daniel Barkah. Sepertinya saya baru melihat ustadz tersebut mengisi di sini. Dan ini kali pertama juga saya mendengarkan kajiannya.

Tema kajian yang dibawakannya adalah tentang agama dan budaya. Ketika saya mendengarkannya, saya dibuat kagum oleh penjelasan Ustadz Daniel Barkah dalam menerangkan sejarah-sejarah.

Dimulai dari kisah nabi adam, lalu nabi nuh, nabi ibrahim, hingga dakwah islam di jazirah arab. Saya menjadi tahu tentang hal tersebut.

Kok bisa ya hafal sejarah begitu banyak, dan penyampaiannya pun sangat jelas sekali.

Karena rasa penasaran, saya kontak beliau untuk menanyakan bagaimana tips-tipsnya. Dan Alhamdulillah pesan saya dijawab. Mohon izin, stadz, untuk menyebarkan info ini. Berikut ini adalah tips yang saya dapat dari beliau:

1. Saya bukan pakar sejarah, tapi penyuka buku-buki sejarah.

2. Selalu ingin tahu sejarah. Tidak hanya sejarah islam atau agama. Tapi, semua hal yg berkautam dengan sejarah saya selalu ingin tahu.

3. Obat dari rasa ingin tahu tersebut adalah *baca*. Demi memuaskan rasa ingin tahu, saya baca hingga berulang kali.

4. Mungkin karena sering baca beberapa kali dan di sampaikan kpd orang-orang akhirnya, tidak di niatkan menghafal pun. Akhirnya otomatis hafal.

Kuncinya ternyata adalah memenuhi rasa ingin tahu. Karena rasa ingin tahu membuat kita untuk tergerak mempelajarinya lebih dalam.

Buang jauh-jauh rasa malas, guys.

Ya Allah ampuni kami atas dosa-dosa kami, mudahkan kami dalam menyerap ilmu-Mu, ya Allah.

Semoga bermanfaat untuk teman-teman semua.

The following two tabs change content below.

mahisaajy

PMG Ahli Pertama, Bidang Manajemen Database at BMKG
Seorang pemuda luar biasa yang mempunyai hobi menulis, membaca, dan bermusik. Tertarik dengan bidang ilmu komputer untuk memecahkan beberapa persoalan. Co-Founder Triglav ID dan Co-Founder Manglesoft (Laundry Application). Sejak tahun 2018 bekerja di BMKG di bagian Pusat Database.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *