Refleksi November 2018

Apha Kabhar?

Saat ini kita sudah mendekati di penghujung tahun 2018. Bagaimana kegiatan teman-teman di Bulan November ini? Pasti seru-seru ya.. Semoga segala kegiatan kita selalu mengandung unsur positif. Aamiin..

Seperti biasa, di setiap akhir bulan, saya ingin memposting hal-hal apa saja yang telah saya lakukan di bulan November tahun 2018 ini. Check this out…

Ikut Training ETL & Data Warehouse Tableau for User

Alhamdulillah, saya diberikan kesempatan untuk mengikuti training lanjutan mengenai ETL Tools dan Tableau. Terima kasih atas kesempatannya, Ibu Uthry.

Pada training kali ini, tidak hanya dari Pusat Database saja yang hadir, melainkan ada juga dari Pusdiklat BMKG (Pusat Pendidikan dan Pelatihan BMKG) dan SDM BMKG. Aplikasi yang kami gunakan yaitu Pentaho Data Integration dan Tableau. Studi kasus dalam training ini yaitu kami dichallenge untuk membuat sebuah Dashboard terkait dengan Data Pusdiklat dan Data Kepegawaian SDM. 🙂

Menyelesaikan Modul Diklat Dasar-Dasar Pengelolaan Database

Berawal dari perbincangan dengan rekan senior di Pusdiklat, saya diajak kolaborasi dengan beliau untuk menyelesaikan sebuah modul untuk Diklat. Yaa saya menanggapi dengan positif ajakan tersebut. Soalnya sudah lama juga saya tidak berkutat dengan penulisan seperti ini.

Saat ini modulnya sudah kami selesaikan. Semoga bisa segera diteruskan ke reviewer untuk direview lebih lanjut. Dan semoga secepatnya bisa rilis, dan bisa bermanfaat untuk teman-teman semuanya.

Nextnya mau berlanjut menulis jurnal ilmiah. Tapi, topik apa ya yang cocok.. Masih bingung..

Perjalanan Dinas ke Stasiun Meteorologi Soekarno-Hatta

Ini kali pertama saya melakukan perjalanan dinas. Perjalanan kali ini yaitu ke Stasiun Meteorologi Soekarno-Hatta. Seru juga ya, jadi bisa sekalian refreshing. Kunjungan ke sana yaitu untuk melakukan pendataan peralatan otomatis yang ada di stasiun tersebut. Sekaligus juga memastikan kelengkapan metadata variabel pengamatan yang ada di aplikasi NIOS (National Integrated Observing System).

Perjalanan Dinas ke Stasiun Meteorologi Maritim Tanjung Priok

Perjalanan berikutnya, yaitu ke Stasiun Meteorologi Maritim Tanjung Priok. Tujuannya hampir sama dengan perjalanan ke Stamet Soekarno-Hatta. Ya, akhirnya jadi tahu stasiun-stasiun di BMKG dan jadi kenal (minimal tahu) sama pegawai-pegawai di sana. Hehe 🙂

Baca Buku Digital “Anak Muda Miliarder Saham” (Andika Sutoro Putra)

Hal ini bermula saat saya sedang melihat buku-buku di aplikasi Google Playbook. Lalu ketika melihat judul “Anak Muda Miliarder Saham” sepertinya kok menarik ya.. Saya putuskan membeli (cukup membayar dengan menggunakan pulsa handphone), lalu membacanya. Setelah itu, pikiran saya mulai terbuka kembali terhadap investasi saham.

Buku ini menjelaskan betapa pentingnya kita memiliki investasi saham. Ya, rata-rata orang terkaya di dunia yang kita tahu, seperti Warren Buffett, menjadi kaya berkat investasi saham. Mindset beliau adalah sebagai investor saham, bukan sebagai trader saham. Di buku ini dijelaskan secara menarik informasi seputar saham. Cocok untuk anak-anak muda 🙂

Daftar Saham di BNI Sekuritas

Nah, berkat membaca buku “Anak Muda Miliarder Saham”, saya tergerak untuk mengaplikasikannya langsung. Saya coba mendaftar saham syariah. Semoga berkah investasinya.. Sekarang masih dalam proses pengiriman dokumen ke BNI Sekuritas. Jadi belum bisa utak-atik. Hehe..

Sertifikasi Fundamental of Digital Marketing

Sebenarnya saya ada misi untuk bisa menguasai kemampuan Digital Marketing, yang tentunya kemampuan ini saya butuhkan untuk mempromosikan bisnis di dunia digital. Hehe minimal tahu ilmunya dulu.. Oleh karena itu saya putuskan untum mengikuti online course yang diadakan oleh Google. Teman-teman bisa ikut kelasnya di link ini: https://learndigital.withgoogle.com/digitalgarage . Siap-siap ya harus betah menonton videonya, soalnya cukup banyak wkwk. Tapi tenang aja, pendek-pendek kok videonya hehehe. Dicicil aja. Kurang lebih saya sebulan menyelesaikannya.

Dan sebagai syarat akhir untuk mendapatkan sertifikat, maka teman-teman diharuskan untuk mengikuti ujiannya terlebih dahulu. Ujian ini dilakukan secara online, soalnya pilihan ganda kok. Sebanyak 40 soal, dan harus bisa menjawab sebanyak minimal 32 soal. Kemudian baru nanti dinyatakan lulus 🙂 Semangat!

Tamatin Game River Crossing

Kadang jenuh juga ya kalau terus-terusan “bekerja” wkwk. Saya coba mencari permainan yang memang bermanfaat untuk mengasah otak. Saat mencarinya di Google Playstore, akhirnya ketemu dengan permainan River Crossing ini. Ini tuh kayak game yang biasa kita kenal dulu, game menyeberangkan orang/binatang dari seberang sungai ke seberang lainnya. Seru dehh. Mikir! 🙂

Saking serunya, saya menyelesaikan permainan dalam semalam wkwk. Totalnya ada 20 stage.

Ini link downloadnya ya: https://play.google.com/store/apps/details?id=com.androyal.rivercrossing.complete

Ikut Training Clisys

Sebenarnya saya masih awam ya mengenai ilmu tentang klimatologi. Waktu itu diminta kasubid saya, Bu Uthry, untuk mengikuti training Clisys ini. “SIAP!”.

Clisys adalah sebuah software yang digunakan untuk keperluan pengumpulan data-data iklim, dan kita dapat membuat sebuah peta dari data-data yang ada tersebut. Dalam Clisys ini nantinya saya dan teman-teman dari Pusat Database berperan terkait dengan database Clisys, seperti misalnya mengecek availability data dan metadatanya.

Aplikasi ini dibuat oleh MFI, yaitu BMKG-nya Perancis. Mantap ya..

Semoga kapan-kapan bisa ke Prancis, main-main ke MFI. Aamiin.

RAHASIA

sengaja dirahasiakan

RAHASIA

sengaja dirahasiakan

RAHASIA

sengaja dirahasiakan

RAHASIA

sengaja dirahasiakan

Baik.. Mungkin ini saja yang bisa saya share. Semoga kita makin semangat lagi dalam berkarya.

Saya mau menutup tulisan ini dengan sebuah tulisan yang saya dapat di Facebook “guru” saya, Pak Wisnu Jatmiko.

Bersungguh-sungguhlah dalam segala urusan. Itu pointnya

Dan jangan lupa senyum hari ini.

Sampai jumpa

The following two tabs change content below.

mahisaajy

PMG Ahli Pertama, Bidang Manajemen Database at BMKG
Seorang pemuda luar biasa yang mempunyai hobi menulis, membaca, dan bermusik. Tertarik dengan bidang ilmu komputer untuk memecahkan beberapa persoalan. Co-Founder Triglav ID dan Co-Founder METLIGO. Sejak tahun 2018 bekerja di BMKG di bagian Pusat Database.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *