Masih terkait dengan hari meteorologi dunia, Pusdiklat BMKG mengadakan 3 kegiatan OGD yang berlangsung di pekan ini.

Kegiatannya yaitu:

Untuk hari ini, OGD (Online Group Discussion) yang berlangsung adalah The Sun: Climate Change.

Materi disampaikan oleh Bapak Kadarsah, yang saat ini menjabat sebagai Kepala Bidang Analisis Perubahan Iklim BMKG.

Climate Change (Perubahan Iklim) adalah sebuah fenomena yang terjadi saat ini. Perubahan iklim terutama disebabkan oleh hasil pembakaran bahan bakar fosil (batu bara, minyak bumi, gas, dan gas alam). Bahan-bahan bakar tersebut menghasilkan karbon dioksida (CO2), gas rumah kaca yang utama.

Perubahan iklim ditandai oleh beberapa faktor berikut ini:

  • Konsentrasi co2 meningkat
  • Meningkatnya tinggi muka air laut global
  • Ocean heat content. (Laut menyerap panas)
  • Terjadi penurunan luas es di kedua kutub

Nah, oleh karena itu, kita sebagai masyarakat yang peduli akan iklim, perlu bijak dalam melakukan sebuah aktivitas apapun itu. Kita jaga alam, maka alam akan menjaga kita. Kita jaga alam, maka Allah akan menjaga kita. 

Tentu kita punya peran yang berbeda dalam menghadapi perubahan iklim. Amalkanlah dari hal terkecil, seperti misalnya dengan membuang sampah tidak sembarangan, mematikan AC jika tidak diperlukan, dan kurangi penggunaan alat makan/minum yang susah didaur ulang.

Biasanya setelah ikut OGD ini, kami mendapatkan sebuah sertifikat. Tapi, ada syaratnya lohhh. Kami diwajibkan untuk membuat resume terlebih dahulu. Namun, karena OGD ini spesial masih merayakan hari meteorologi dunia, maka kami diwajibkan untuk mengisi kuesioner saja. Hehe jadi ga ribet.

Zaman sudah bertambah maju. Jadi, kami para ASN bisa belajar di mana saja.

Tetap dalam perdjoeangan..

*Sebagai bonus, berikut ini adalah foto-foto dari rekan-rekan BMKG yang ada di seluruh Indonesia yang sedang mengikuti kegiatan online seminar ini. 🙂

 

The following two tabs change content below.

mahisaajy

PMG Ahli Pertama, Bidang Manajemen Database at BMKG
Seorang pemuda luar biasa yang mempunyai hobi menulis, membaca, dan bermusik. Tertarik dengan bidang ilmu komputer untuk memecahkan beberapa persoalan. Co-Founder Triglav ID dan Co-Founder METLIGO. Sejak tahun 2018 bekerja di BMKG di bagian Pusat Database.

Published by mahisaajy

Seorang pemuda luar biasa yang mempunyai hobi menulis, membaca, dan bermusik. Tertarik dengan bidang ilmu komputer untuk memecahkan beberapa persoalan. Co-Founder Triglav ID dan Co-Founder METLIGO. Sejak tahun 2018 bekerja di BMKG di bagian Pusat Database.

Leave a comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

%d bloggers like this: