Refleksi Juli 2019

Bismillah. Assalamu’alaikum teman-teman dunia maya. 🙂

Kali ini saya coba menulis kembali ya tentang refleksi diri. Terakhir saya menulis konten seperti ini yaitu di Bulan November 2018 lalu. Sudah lama juga kan. Ga terasa soalnya.

Saya tuliskan di sini mudah-mudahan sebagai pengingat bahwa kita telah melakukan ini dan itu. Barangkali ada kisah-kisah di perjalanan hidup saya yang membuat teman-teman menjadi bersemangat untuk melakukan ini dan itu.

Dan semoga kita bisa memaksimalkan setiap detik di hidup kita untuk bisa berbuat dan berkarya sebanyak-banyaknya. Mumpung masih muda. Ingat muda sebelum tua.

Selamat menyimak..

Sharing Tentang Dilema Prestasi di Saat Berorganisasi

Ahad, 21 Juli 2019, saya diminta oleh Ketua Mujahid Armada, yaitu Syaid “Anto” Adianto, untuk berbagi pengalaman kepada para generasi-generasi baru di Armada (Pemuda Remaja Masjid Daarul Uluum). Yang ingin ditekankan di sini adalah mengenai prestasi dan organisasi. Soalnya seolah-olah antara prestasi dan organisasi itu adalah hal yang saling bertolak belakang. Ada pertanyaan begini, Apakah ketika kita sibuk/aktif di organisasi, lantas kita tak bisa memiliki prestasi (baik prestasi akademik atau prestasi lainnya)? Jawabnya adalah bisa.

Ketika kita ikut aktif di dalam suatu organisasi, maka akan muncul habit-habit positif baru. Misal seperti, kita menjadi sangat menghargai waktu. Kok gitu? Iya karena ada banyak yang harus dilakukan sementara waktu kita sama-sama 24 jam. Kewajiban kita lebih banyak dari waktu yang tersedia.  Habit berikutnya adalah cepat merespon sesuatu, misalnya seperti di group chat whatsapp. Karena kalau tidak cepat merespon ke rekan-rekan dan staff kita, maka itu akan menghambat target dan kesepakatan di organisasi.

Ya saya masih adaptasi juga ya hehe. Belum sehebat dan secepat teman-teman saya di luar sana. Yang terpenting adalah bagaimana sikap kita untuk bertanggung jawab terhadap amanah yang diberikan di organisasi itu. Semangat mengemban amanah teman-teman dunia maya.

 

 

Alhamdulillah Lulus Ujian Penyesuaian Ijazah

Di penghujung bulan ini, Alhamdulillah saya baru mendapat kabar bahwa saya berhasil lulus Ujian Penyesuaian Ijazah. Sehingga nanti bisa mengikuti proses kenaikan pangkat. Mohon doanya agar dimudahkan.

Lalu enaknya nanti mengambil fungsional PMG atau Perekayasa ya?

Mencoba Aktif kembali di Github

Hehe di bulan ini saya mencoba untuk aktif kembali menulis kode pemrograman. Sebelumnya saya pakai bitbucket, dan sekarang mau coba secara bergantian berpindah ke Github. Di github soalnya kita bisa melihat gambaran keaktifkan kita dalam melakukan penulisan kode pemrograman. Ditandai dengan warna hijau ya. Semakin hijaunya berwarna gelap maka semakin banyak kontribusi yang dilakukan dalam hari tersebut.

Dan ini akun github saya: https://github.com/mahisaajy

One day one contribution.

Ikut Latihan Lomba Senam Kreasi Lagi

Di BMKG setiap tahunnya ada kompetisi olahraga. Nah salah satunya adalah lomba Senam Kreasi. Dan ternyata tahun ini saya dipilih lagi menjadi peserta lomba. Sepertinya karena banyak teman-teman yang gak berminat. Padahal seru lho.. Soalnya ketika senam itu kita bisa refreshing sedikit selepas penatnya bekerja (cieilah). Iya sekaligus melatih otak kanan dan menjalin silaturahim dengan teman-teman di luar Pusat Database. Kita satu tim dengan Pusat Jaringan Komunikasi dan Pusat Instrumentasi.

Menjadi Panitia Hackathon BMKG

Ini pertama kalinya BMKG mengadakan kompetisi Hackathon. Bisa dibuka di link ini ya: http://hackathon.bmkg.go.id/

Saya ditunjuk untuk membantu menjadi panitia Hackathon BMKG. Sebenernya peran saya lebih ke sharing-sharing ya, kebetulan saya pernah beberapa kali ikut kompetisi Hackathon. Jadinya bisa memberikan sedikit masukan kepada teman-teman di BMKG.

Mohon doanya semoga sukses acaranya. Aamiin.

 

Kelas Forda “Belajar Bahasa Arab”

FORDA (Forum Pemuda Masjid Se-Jatikramat) mengadakan kelas belajar Bahasa Arab. Semoga dapat menambah wawasan para teman-teman. InsyaAllah akan diadakan intensif selama 6 bulan. Mohon info jika teman-teman ada yang berminat mengikutinya. Dan ini gratis lhoo.

 

Mengikuti Ujian Digitalent Kominfo

Saya mencoba ikut kelas online digitalent yang diadakan oleh Kominfo. https://digitalent.kominfo.go.id . Kelas yang saya ambil adalah Artificial Intelligence. Besok 1 Agustus baru mulai pengumuman hasilnya nih, guys. Mohon doanya ya semoga lolos..

Ngajar Ngaji anak-anak SMP

Baru mulai aktif lagi ngaji barengnya. Kalau bertemu dengan orang-orang yang jauh lebih muda, serunya adalah bisa mengikuti perkembangan zaman, terutama update info yang lagi “IN” di kalangan anak zaman now. Hehe.

Menjadi MC

Sejak puasa lalu, saya diamanahkan menjadi MC oleh Mas Teguh dari DKM Masjid Ardhussalaam BMKG. Walau awalnya malu-malu :D, saya coba membiasakan diri untuk berlatih berbicara di depan orang banyak. Perannya adalah sebelum dimulai shalat zuhur berjamaah, saya mengingatkan kepada para jamaah bahwa setelah shalat kan ada kajian. InsyaAllah jika tidak ada halangan, setiap senin siang akan bertugas menjadi MC.

 

Rahasia

Sengaja dirahasiakan

 

Rahasia

Sengaja dirahasiakan

 

Rahasia

Sengaja dirahasiakan

 

Rahasia

Sengaja dirahasiakan

 

Rahasia

Sengaja dirahasiakan

 

Lebih kurangnya mohon dimaafkan.

Saya tutup dengan skrinsyut status dua orang hebat yang saya kenal di dunia maya ini:

The following two tabs change content below.

mahisaajy

PMG Ahli Pertama, Bidang Manajemen Database at BMKG
Seorang pemuda luar biasa yang mempunyai hobi menulis, membaca, dan bermusik. Tertarik dengan bidang ilmu komputer untuk memecahkan beberapa persoalan. Co-Founder Triglav ID dan Co-Founder METLIGO. Sejak tahun 2018 bekerja di BMKG di bagian Pusat Database.

Leave a Reply

%d bloggers like this: