2022 Ngoprek Tentang Apa?

Tahun berganti. Di awal pergantian tahun biasanya kita memulai melaksanakan rencana-rencana yang telah kita susun sebelumnya. Ada yang ingin pindah kerjaan, ada yang sedang bersiap melamar gadis pujaannya, ada juga yang bingung mau ngapain aja di tahun ini.

Berhubung saya memiliki latar belakang ilmu IT, lalu terlintas ada pertanyaan..

2022 mau ngoprek tentang apa?

– saya di tahun 2022

Apa ya…

Dalam beberapa waktu terakhir ini, saya memiliki beberapa ketertarikan. Salah satunya adalah tentang Artificial Intelligence.

Berkali-kali kita mendengar jargon tersebut. AI di mana-mana. Tapi lantas bisa kah kita ikut terjun ngoprek tentang hal tersebut? Mudah-mudahan bisa.

Di akhir tahun kemarin saya sempat mengikuti workshop yang diadakan di Pusat Database BMKG tentang Deep Learning menggunakan TensorFlow. Alhamdulillah, ilmu yang sangat bermanfaat, tapi mumet juga ya 🙂

Workshop berlangsung selama 7 hari. Karena saya merasa beberapa kali ketinggalan, saya memutuskan untuk membeli kursus yang ada di website Udemy. Semoga bisa istiqomah mempelajari nya.

https://www.udemy.com/course/tensorflow-developer-certificate-machine-learning-zero-to-mastery/

Kalau tadi kita bicara ngoprek tentang AI, selanjutnya kita ngoprek apa lagi ya?

Saya pribadi masih tertarik dengan React Js, ada keinginan untuk terus mengasah di skill React / React Native. Perlahan saya juga mempelajari Next.js . Next.js merupakan framework dari React yang digunakan untuk production. Saya gunakan Next.js untuk mengerjakan aplikasi reporting sederhana yang digunakan di lingkup kerja saya, di Sub Bidang Manajemen Database MKG.

Terkait budaya ngoprek,saya jadi ingat saat di kampus dulu saya ikut sebuah komunitas IT yang ada di kampus. Ada senior yang mengatakan, kalau ngoprek itu usahakan kita mempelajarinya secara keseluruhan. Ibaratnya kalau kita lagi buka Wikipedia dehh. Kalau kita lagi melihat bahan bacaan di wikipedia kan ada tuh link-link di dalamnya, yang menghubungkan ke topik-topik lain. Nah, itu perlu ditelusuri dan dipahami. Sehingga saat kita sedang ngoprek sesuatu, itu semoga kita memahami lah gambaran besarnya.

Mungkin itu yang bisa saya bagikan. Pengin nih untuk terus aktif ngeblog lagi, supaya ada pelajaran positif dan manfaat yang bisa didapat dari pembaca tulisan saya ini.

Sukses selalu teman-teman. Teruskan ngopreknya!

The following two tabs change content below.

mahisaajy

PMG Ahli Pertama, Bidang Manajemen Database at BMKG
Seorang pemuda luar biasa yang mempunyai hobi menulis, membaca, dan bermusik. Tertarik dengan bidang ilmu komputer untuk memecahkan beberapa persoalan. Co-Founder Triglav ID dan Co-Founder METLIGO. Sejak tahun 2018 bekerja di BMKG di bagian Pusat Database.

2 Comments

Leave a Reply

%d bloggers like this: