Ujian Menulis Paper, Dahsyat Sekali

DUA hari yang lalu, saya baru saja melaksanakan UAS (Ujian Akhir Semester) mata kuliah Sistem Terdistribusi. Kebanyakan, bentuk-bentuk ujian di universitas manapun adalah sama. Kita datang ke kelas, dapat soal ujian, mulai mengerjakan, dan mengumpulkan jawaban ujian tersebut. Namun, yang saya alami ini berbeda dengan kebanyakan universitas pada umumnya. Bahkan, berbeda juga dengan teman-teman saya yang lain, walaupun dalam satu universitas. Tentunya ini karena saya sedang menjalani program SarMag (Sarjana Magister). Kampus saya memang benar-benar unik. Karena perbedaan tersebut, setiap UAS pun disesuaikan dengan dosen yang mengajar dan mahasiswanya. Pada intinya, semua dikembalikan lagi kepada dosen yang bersangkutan.

Setiap UAS pun saya selalu disuguhkan hal-hal yang baru. Mulai dari ujian tertulis, presentasi, bahkan yang baru saja terjadi, yaitu menulis PAPER.

Dapat dibayangkan, bagaimana situasi ujian yang saat itu berlangsung. Saat itu banyak sekali yang H2C (Harap-Harap Cemas), termasuk saya sendiri. Apalagi di detik-detik terakhir, wahhh. Seru memang.

Biasanya, dari yang sudah saya alami, penulisan paper itu dikerjakan oleh 3 orang, termasuk saya. Waktu pengerjaannya juga memakan waktu berhari-hari. Namun, yang saya alami saat itu luar biasa sekali pokoknya. Sendirian selama kurang lebih 4 jam. Ya, penulisan paper dilakukan oleh satu orang dengan waktu 4 jam. Dahsyat sekali.

Saya akui, hasil kerjaan saya saat itu masih jauh sekali dari kata SEMPURNA. Karena pemikiran, penulisan, dan pengeditan, semuanya dijadikan satu selama kurun waktu tersebut. Bagi yang sudah terbiasa menulis paper mungkin dengan mudahnya ia membuat paper tersebut. Namun, bagi yang lainnya? Tentunya mudah juga, apabila copy dan paste tulisan orang lain. Hehe.

Sebenarnya kita semua juga bisa kok melakukan hal tersebut dan melakukannya dengan baik. Saya jadi tersadar akan satu hal, bahwa menulis itu adalah kegiatan yang sangat penting sekali. Menyusun kata demi kata, kalimat demi kalimat, serta paragraf demi paragraf, agar menjadi satu bentuk kesatuan yang dapat dikatakan sebagai, artikel, jurnal, paper, atau sekedar diary.

Semuanya PASTI butuh proses. Yang paling penting adalah jangan pernah menyerah untuk selalu mencoba dan mencoba. 🙂

The following two tabs change content below.

mahisaajy

PMG Ahli Pertama, Bidang Manajemen Database at BMKG
Seorang pemuda luar biasa yang mempunyai hobi menulis, membaca, dan bermusik. Tertarik dengan bidang ilmu komputer untuk memecahkan beberapa persoalan. Co-Founder Triglav ID dan Co-Founder METLIGO. Sejak tahun 2018 bekerja di BMKG di bagian Pusat Database.

Published by mahisaajy

Seorang pemuda luar biasa yang mempunyai hobi menulis, membaca, dan bermusik. Tertarik dengan bidang ilmu komputer untuk memecahkan beberapa persoalan. Co-Founder Triglav ID dan Co-Founder METLIGO. Sejak tahun 2018 bekerja di BMKG di bagian Pusat Database.

Leave a comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

%d bloggers like this: