Katanya Indonesia sudah Merdeka ya?

Hari ini tanggal 17 agustus, yang bertepatan dengan hari kemerdekaan Indonesia.

“Loh, Indonesia memangnya sudah merdeka, ya?”

Saya seringkali mendengar pertanyaan tersebut dan sejenisnya, yang intinya mereka semua mengatakan bahwa Indonesia itu belum merdeka. Mungkin ada benarnya juga.

Indonesia masih terjajah. Indonesia masih belum bisa lepas dari pengaruh negara lain. Lebih-lebih, negara lain tersebut sangat senang sekali berkawan dengan negara tercinta kita ini. Mungkin saja mereka meraup banyak keuntungan di tanah kita. Tetapi memang begitu kenyataannya. Apabila dipikir-pikir memang terasa sangat menyedihkan ya.

“Indonesia belum merdeka. Mungkinkah karena Indonesia sendiri belum ingin merdeka?”

Padahal sudah jelas ya, tanggal 17 Agustus 1945 itu adalah hari kemerdekaan Indonesia. Mungkin pada waktu itulah kita dapat menyebutnya sebagai hari kelahiran Indonesia, setelah melewati “proses kelahiran” yang begitu panjaaaang. Penuh dengan perjuangan.

Apabila dihitung, berarti sekarang Indonesia sudah berumur 68 tahun. 68 itu angka yang lumayan besar loh. Bagaimana keadaan Indonesia sekarang ini? Bukannya semakin matang, eh malah semakin melempem. Lihat saja tuh pemimpin kita saat ini. “Gemar menggertak, namun enggan menggebrak.” Maafkan saya pak pemimpin, itu bukan kata-kata saya, tetapi media yang menilai seperti itu.

Melihat fenomena seperti itu dan fenomena-fenomena lain (semisal koruptor yang merajalela) , yang tentunya semakin membuat kita ragu bahwa memang Indonesia belum sepenuhnya merdeka, seharusnya secara tidak langsung menggerakkan mata hati kita. Kita sebagai rakyat Indonesia pun harus memikul berapapun beratnya masalah yang dialami oleh negara kita. Ibarat peribahasa “Berat sama dipikul, ringan sama dijinjing.” perlu kita terapkan untuk “memerdekakan” kembali negara Indonesia yang (katanya) masih belum merdeka ini.

Tidak ada kata lain selain “Merdeka”.

Merdeka!

The following two tabs change content below.

mahisaajy

PMG Ahli Pertama, Bidang Manajemen Database at BMKG
Seorang pemuda luar biasa yang mempunyai hobi menulis, membaca, dan bermusik. Tertarik dengan bidang ilmu komputer untuk memecahkan beberapa persoalan. Co-Founder Triglav ID dan Co-Founder METLIGO. Sejak tahun 2018 bekerja di BMKG di bagian Pusat Database.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *