Merubah Paradigma, dari Downloader menjadi Uploader

Memiliki banyak file (ebook, musik, video, gambar, dan lain-lain) itu memang menyenangkan. Kita dapat menentukan file apa yang akan kita gunakan saat itu juga. Kita juga bebas memilihnya. Mau ini, mau itu, ya monggoooooo. Ibaratnya, semakin banyak ragam jenisnya, maka semakin bahagialah kita.

Terutama, bagi kalian yang sangat hobi sekali mengunduh (download) berbagai macam file yang tersebar luas di Internet. Apapun itu. Mungkin kalian akan semakin berbesar hati apabila telah selesai mengunduh file tersebut. “Gratis men. Iya, benar. Mumpung gratis loh.” begitu katanya.

Tetapi, apakah file tersebut pada akhirnya akan kalian gunakan secara maksimal, atau malah hanya memenuhi ruang di harddisk saja?

Saya seringkali dihadapkan pada situasi tersebut. Hmm, maksudnya bukan karena saya seorang downloader sejati lohhh. Hehehe. Situasi tersebut terjadi pada saat saya melihat sesuatu yang menarik yang terdapat pada website tertentu. Biasanya saya tertarik terhadap ebook-ebook yang ada. Tanpa pikir panjang, saat itu saya langsung saja mengunduh file-file ebook tersebut. Alasannya hanya satu, karena koneksi sedang cepat-cepatnya, dan sayang sekali apabila dibiarkan begitu saja. 😀

Lucunya, seringkali saya tiba-tiba menjadi lupa ingatan akan file yang telah saya unduh tersebut.Hingga pada akhirnya file tersebut hanya menjadi angin lalu saja. Atau mungkin, bila tidak lupa, maka menjadi pura-pura lupa. Mengenaskan sekali, bukan? 🙁 Kalau kalian bagaimana?

Sangat berbanding terbalik sekali ya. Saat proses pengunduhannya semangat sekali, namun, saat hendak membacanya tiba-tiba saja rasa malas teramat sangat mulai menghantui diri kita. Apabila kejadian tersebut berulang-ulang, maka harddisk komputer lah yang akan menanggung akibatnya. Semakin banyak saja file yang berada di komputer, dan lama kelamaan berpengaruh terhadap performa komputer.

Paradigma tersebutlah yang seharusnya kita rubah, atau sebaiknya kita perbaiki. Mungkin kita dapat memilah dan memilih setiap file yang hendak kita unduh. Bersikaplah lebih bijak, supaya tidak repot-repot untuk menghapus file-file lainnya guna memberikan ruang di harddisk. Karena menghapus file itu rasanya sangat tidak menyenangkan sekali. Benar tidak?

Kita juga dapat merubah peran kita. Yang tadinya downloader sejati, menjadi uploader sejati. Upload saja file-file yang menurut kalian berguna bagi orang banyak. Jangan pernah takut untuk berbagi.

Saat ini saya juga sedang berusaha untuk itu. Namun, bukan dalam bentuk file, melainkan pemikiran. Ya, seperti yang tertuang di dalam blog ini. Mungkin kalian menyebutnya curhatan, tapi saya menyebutnya pemikiran. 🙂

Keep sharing, guys!

The following two tabs change content below.

mahisaajy

PMG Ahli Pertama, Bidang Manajemen Database at BMKG
Seorang pemuda luar biasa yang mempunyai hobi menulis, membaca, dan bermusik. Tertarik dengan bidang ilmu komputer untuk memecahkan beberapa persoalan. Co-Founder Triglav ID dan Co-Founder METLIGO. Sejak tahun 2018 bekerja di BMKG di bagian Pusat Database.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *