Selamat Malam Kota Klaten

Setelah semalam puas bermalam di Sukoharjo, malam ini waktunya saya bermalam di Klaten. Beginilah memang kehidupan keluarga saya, yang hampir setiap malamnya berpindah-pindah, karena lokasi rumah kakek nenek dari ayah dan ibu yang memang berdekatan. Jarak antar keduanya tidak sampai melebihi satu jam.

Klaten merupakan kota yang sangat ramah menurut saya. Nuansa jawanya pun terasa cukup kental disini. Hampir setiap tahun, di tempat ayah saya tinggal, selalu diadakan acara pementasan wayang. Saya sangat tertarik sekali untuk melihat acara pewayangan tersebut, karena memang di daerah rumah saya tidak pernah ada hal seperti itu. Ya iyalah, wong sukunya saja beragam.

Acara wayang tersebut biasanya merupakan tanda rasa syukur apabila panen sukses. Namun, biasanya acara tersebut disesuaikan juga dengan waktu mudik lebaran. Supaya semakin banyak warga yang dapat menikmati acara tersebut.

Wayang tersebut diperagakan oleh dalang. Bahasa yang digunakan pun juga bahasa setempat, yaitu bahasa Jawa.  Saat menontonnya, seringkali saya kebingungan dengan apa yang diucapkan oleh dalang tersebut. Ah, menyedihkan sekali ya, katanya keturunan Jawa, tapi kok ngomong Jawa saja tidak bisa. Hmm sudahlah.. Semoga saja tahun ini acara wayang tersebut diadakan. Tapi sepertinya kecil kemungkinannya.

Malam ini, apabila saya perhatikan lebih lanjut, langit malam di kota ini nampak terlihat lebih jelas. Bintang-bintangnya pun terlihat ramah menyinari bumi pertiwi ini. Malahan, tadi saya juga sempat melihat sinar dari kejauhan yang menyinari langit malam tersebut. Saya tahu betul, pasti sinar tersebut berasal dari lokasi salah satu malam pasar malam yang ada di kota ini.

Malam sudah semakin bertambah larut. Waktunya istirahat bagi jiwa yang lelah. Waktunya bersenang-senang bagi jiwa yang sepi. Waktunya berperang bagi jiwa yang sedang tertindas. Selamat malam kota Klaten.

The following two tabs change content below.

mahisaajy

PMG Ahli Pertama, Bidang Manajemen Database at BMKG
Seorang pemuda luar biasa yang mempunyai hobi menulis, membaca, dan bermusik. Tertarik dengan bidang ilmu komputer untuk memecahkan beberapa persoalan. Co-Founder Triglav ID dan Co-Founder METLIGO. Sejak tahun 2018 bekerja di BMKG di bagian Pusat Database.

Published by mahisaajy

Seorang pemuda luar biasa yang mempunyai hobi menulis, membaca, dan bermusik. Tertarik dengan bidang ilmu komputer untuk memecahkan beberapa persoalan. Co-Founder Triglav ID dan Co-Founder METLIGO. Sejak tahun 2018 bekerja di BMKG di bagian Pusat Database.

Join the Conversation

3 Comments

Leave a comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

%d bloggers like this: