Cobalah, maka Mengertilah

SERINGKALI kita dihadapkan dengan sesuatu hal yang baru. Apa yang sebaiknya kita lakukan? Jawabannya sih kembali lagi kepada diri sendiri. Kalian punya pilihan, apakah ingin mencobanya atau malah bersikap acuh tak acuh terhadap hal yang baru tersebut. Kalian bebas memilih kok. Tiba-tiba saya jadi teringat tagline iklan rokok, “Pria punya selera”.

Sebenarnya tak ada salahnya untuk mencoba. Bukankah begitu, seperti yang dikatakan  pepatah? Tidak ada salahnya mencoba daripada tidak sama sekali.

Pertama-tama, mungkin kita dibuat bimbang akan hal yang baru tersebut. Atau, bisa juga, diri kita yang memang terlalu malas untuk mencoba, karena sudah terlalu nyaman dengan keadaan yang saat ini kita jalani. Hati-hati, terlalu nyaman bisa saja menyebabkan diri kita menjadi tidak waspada dan selalu kecolongan terhadap sesuatu hal.

Amati saja dulu, pertimbangkan baik buruknya terhadap diri kalian. Kalau terlihat baik, ya langsung saja sikat tanpa ragu. Namun, kalau buruk, ya pikir-pikir lagi deh untuk mencobanya.

Ada satu keuntungan yang bisa kita dapat saat mencoba sesuatu yang baru tersebut, yakni pengalaman. Pengalaman itu mahal harganya. Bahkan, di beberapa daerah saja memang sengaja tidak dijual barang mewah yang bernama “pengalaman” tersebut.

Dengan mencoba, secara tidak langsung (katanya) pengalaman kita akan bertambah, karena kita telah mencoba hal lain di luar “batas kenyamanan” kita. Kita telah berani mengambil sebuah resiko yang mungkin saja kita sendiri pun belum tahu apa yang akan terjadi pada nantinya. Setelah mengetahui apa yang terjadi, kemungkinannya hanya ada 2, yaitu puas dan bijak.

Puas, apabila hal yang kita coba tersebut memberikan banyak manfaat untuk kita. Kita pun pastinya akan senang sekali. Sekaligus rasa bangga juga akan menyelimuti diri kita, apabila hal yang kita coba tersebut memiliki tingkat kesulitan yang tinggi.

Bijak, apabila kita merasa dirugikan karena hal tersebut. Kita bisa belajar dari pengalaman yang telah kita lalui, dan berjanji terhadap diri sendiri untuk tidak mengulangi lagi kesalahan yang sama. Pada akhirnya kita akan merasa lebih bijak dari sebelumnya dalam menyikapi suatu persoalan.

So, buat kalian yang masih merasa ragu-ragu terhadap sesuatu, lebih baik cobalah, apapun itu dan apapun hasilnya. Karena kita pasti akan mendapatkan “sesuatu” daripada berdiam diri dan terus memikirkan apa untungnya dan apa ruginya. Cobalah, maka mengertilah.

The following two tabs change content below.

mahisaajy

PMG Ahli Pertama, Bidang Manajemen Database at BMKG
Seorang pemuda luar biasa yang mempunyai hobi menulis, membaca, dan bermusik. Tertarik dengan bidang ilmu komputer untuk memecahkan beberapa persoalan. Co-Founder Triglav ID dan Co-Founder METLIGO. Sejak tahun 2018 bekerja di BMKG di bagian Pusat Database.

One Reply to “Cobalah, maka Mengertilah”

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *