Pinterest Bikin Pinter

Saat pertama kali mendengar kata Pinterest, saya sempat berpikiran bahwa Pinterest merupakan suatu merek dagang yang berasal dari Indonesia. Mungkin karena terdapat kata pinter dalam Pinterest tersebut. Namun, ternyata tebakan saya salah. Kala itu, saya baru tahu, bahwa Pinterest ini merupakan salah satu jejaring sosial yang sedang digandrungi oleh anak muda masa kini, ya semisal Facebook dan Twitter lah.

Awalnya juga saya berpikiran bahwa Pinterest dapat membuat para penggunanya menjadi “pinter”. Lho iya, karena Jadi orang pinter kan enak toh, bisa minter-minterin orang. Hehe. Tetapi saat saya mulai mencoba jejaring sosial Pinterest ini kelihatannya ada benarnya juga. Melalui Pinterest kita dapat menemukan banyak sekali gambar-gambar yang menginspirasi, misalnya saja quotes-qutes tertentu yang tiba-tiba saja langsung membuat darah saya semakin mendidih, mungkin karena terlalu bersemangat menatap gambar berisi quotes tersebut.

Saat pertama kali menggunakannya, saya langsung disajikan beberapa gambar-gambar menarik mengenai bermacam-macam topik. Hampir semua topik ada di Pinterest. Pinterest juga memiliki beberapa fitur yang berbeda dengan jejaring sosial lainnya, diantaranya fitur board dan fitur pin.

Fitur board ini ibaratnya adalah papan kreatif milik kita, dan kita sendiri pun bebas mau meletakkan gambar apa saja untuk diletakkan di papan tersebut. Papan tersebut juga berguna untuk mengelompokkan gambar-gambar yang memiliki tema yang sama. Contohnya saja saya telah membuat board-board semisal board writing dan board music. Berarti sesuatu hal yang berhubungan dengan menulis akan saya letakkan di board writing, begitu juga dengan sesuatu yang berhubungan dengan musik akan saya letakkan di papan music tentunya. Hehe.

Kalau fitur pin?

Nah, fitur pin adalah proses “penempelan” gambar-gambar tersebut ke dalam board.

Pinterest Mahisa Ajy
Pinterest Mahisa Ajy

Cukup asyik juga bermain-main dengan Pinterest ini. Kita hanya perlu menentukan tema-tema yang menarik, kalau masih belum menemukan, kalian cukup scroll terus saja ke bawah terus menerus. Inilah yang terkadang membuat penggunanya menjadi ketagihan, seperti halnya kita melakukan scroll lini masa (timeline) di Facebook dan Twitter, yang selalu membuat kita lupa waktu, hal ini berlaku juga di Pinterest. Apabila sudah menemukan gambar yang menarik, selanjut tinggal melakukan pin saja deh dan tentukan board mana yang akan digunakan. Ulangi saja proses tersebut, dijamin pasti tak ada habisnya, bahkan bisa saja sampai membuat lupa waktu.

Inilah letak kelebihan Pinterest. Karena pada umumnya, manusia lebih mudah mengingat gambar daripada tulisan. The Power of Image, men! Ide-ide pun juga pasti akan mengalir deras disini melalui gambar yang disajikan.

Tak afdol rasanya apabila tidak mempromosikan akun Pinterest. Mari berteman 🙂

Follow Me on Pinterest

The following two tabs change content below.

mahisaajy

PMG Ahli Pertama, Bidang Manajemen Database at BMKG
Seorang pemuda luar biasa yang mempunyai hobi menulis, membaca, dan bermusik. Tertarik dengan bidang ilmu komputer untuk memecahkan beberapa persoalan. Co-Founder Triglav ID dan Co-Founder METLIGO. Sejak tahun 2018 bekerja di BMKG di bagian Pusat Database.

Published by mahisaajy

Seorang pemuda luar biasa yang mempunyai hobi menulis, membaca, dan bermusik. Tertarik dengan bidang ilmu komputer untuk memecahkan beberapa persoalan. Co-Founder Triglav ID dan Co-Founder METLIGO. Sejak tahun 2018 bekerja di BMKG di bagian Pusat Database.

Leave a comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

%d bloggers like this: