Selamat Ulang Tahun Kompasiana

Entah saya lupa, bagaimana bisa saya mengetahui situs ini. Kemungkinan besar saya mengetahuinya disaat mencari suatu topik tertentu. Yang pasti di situs ini saya menemukan jawaban atas pertanyaan yang sudah saya lontarkan sebelumnya kepada paman Gober, eh maksudnya paman Google.

Kompasiana merupakan Citizen Journalism atau bila diterjemahkan menjadi Jurnalisme Warga. Warga berbicara langsung di situs ini. Sekaligus bisa saling memberi komentar, hingga menimbulkan diskusi yang cukup menarik antar Kompasianer (Sebutan penulis di Kompasiana) satu dengan yang lainnya.

Karena seringnya saya berkunjung ke Kompasiana, saya menyadari bahwa tulisan yang dibuat disini bukan tulisan sembarangan. Sudah tentu berbobot. Beda sekali dengan situs induknya Kompas, atau situs lain seperti Detik, atau yang lainnya. Biasanya penulis di situs tersebut hanya menulis sepatah dua patah kalimat dalam satu artikel, dan beberapa artikel yang dibuat saling terkait. Sehingga pembacanya harus mengunjungi beberapa artikel tersebut untuk dapat mengerti topik apa yang saat itu sedang diperbincangkan. Hal itu sungguh melelahkan, sekaligus membuat bingung pembacanya yang berkunjung di situs tersebut. Entah karena tuntutan dari pihak atasan atau bagaimana saya tidak tahu. Tapi yang jelas sungguh berbeda dengan yang saya baca di Kompasiana.

Di Kompasiana, sepertinya semua orang menulis dengan hati. Kebanyakan dari mereka juga menulis dengan pemikiran yang cerdas, dan bahasa yang digunakan juga cukup indah. Hal itulah yang menyebabkan setiap malam hari saya meluangkan waktu untuk sekedar singgah dan membaca tulisan di Kompasiana. Tulisan yang seru biasanya menjadi Headline dan Highlight.

Entah kapan hati saya tergerak untuk dapat menulisnya disana. Karena jumlah pembacanya jangan lagi ditanya, sudah tentu banyak sekali. Beda tentunya dengan pembaca blog ini. Hehe.. Karena asyik sekali bila ada yang memberi saran terhadap tulisan kita, atau malah berupa kritik. Baik positif maupun negatif menurut saya itu sama-sama membangun kok. Kalau komentar positif yang pasti jangan sampai membuat kita terlena, kalau negatif ya kita harus menjadi lebih waspada dengan memperbaiki tulisan kita dan meluruskan pikiran kita.

Hingga hari ini, saat saya sedang memantau kicauan di lini masa Twitter, saya mengetahui bahwa Kompasiana sedang merayakan hari ulang tahunnya yang ke-5. Saya hanya bisa mengucapkan “Selamat ulang tahun, Kompasiana.” Semoga Kompasiana menjadi media warga yang semakin gencar memberitakan berita-berita terkini dan peristiwa yang menarik untuk diketahui bersama dan diperbincangkan. Ohya, satu lagi, semoga tampilan webnya bisa sedikit dirubah, ya lebih terlihat gimana gitu.. Hehe.

Selamat ulang tahun, Kompasiana. 🙂

The following two tabs change content below.

mahisaajy

PMG Ahli Pertama, Bidang Manajemen Database at BMKG
Seorang pemuda luar biasa yang mempunyai hobi menulis, membaca, dan bermusik. Tertarik dengan bidang ilmu komputer untuk memecahkan beberapa persoalan. Co-Founder Triglav ID dan Co-Founder METLIGO. Sejak tahun 2018 bekerja di BMKG di bagian Pusat Database.

Published by mahisaajy

Seorang pemuda luar biasa yang mempunyai hobi menulis, membaca, dan bermusik. Tertarik dengan bidang ilmu komputer untuk memecahkan beberapa persoalan. Co-Founder Triglav ID dan Co-Founder METLIGO. Sejak tahun 2018 bekerja di BMKG di bagian Pusat Database.

Leave a comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

%d bloggers like this: