Bersembunyi di Ruang Maya

Belakangan ini saya mulai merasakan perubahan yang tak biasa terjadi. Mungkin saja karena sesuatu hal yang mengganggu pikiran saya saat ini.

Apa ini, apa itu.. Saya bingung. Lama-lama saya bingung sendiri, dan mungkin sendirian. Entahlah, bagaimana dengan mereka-mereka di luar sana. Mungkin saja mereka telah menemukan jalan pintasnya masing-masing, sehingga yang selalu terpancar adalah aura positif yang berasal dari dalam diri mereka. Atau mungkin malah sebaliknya. Terkurung di dalam sebuah tema kehidupan yang begitu membelenggu.

Banyak sekali tanda-tanda, yang selalu bertanya-tanya, berkumpul di dalam otak saya. Mereka menanyakan apa yang mereka tidak tahu dan ingin tahu. Pertanyaannya pun selalu di luar dugaan saya. Lantas, saya harus menjawab apa? Apakah saya harus diam seribu bahasa saat pertanyaan tersebut terlontarkan? Menyedihkan sekali..

Sejak pagi terang hingga malam gelap, saya selalu berusaha untuk memahami. Saya berusaha untuk mencari jawaban atas pertanyaan-pertanyaan menyebalkan tersebut. Namun, ternyata memang tidak semudah membalikkan telapak tangan. Mungkin lebih sulit dari apa yang dibayangkan. Seperti mengangkat jari manis ketika tangan sedikit mengepal. Bukan karena beratnya cincin tunangan yang biasanya terpasang pada jari tersebut, melainkan karena ini memang sudah hukum alam. Sulit sekali untuk ditentang.

Walaupun sulit, tetapi bukan berarti tidak bisa dilakukan. Selalu ada jalan bagi mereka-mereka yang mau berusaha. Saya juga termasuk salah satu dari mereka, yang selalu ingin tetap berusaha dan mengeluarkan seluruh kemampuan terbaik saya.

Saya memutuskan untuk mencari habitat lain, yaitu sebuah ruang maya. Ruangan yang penuh dengan berbagai macam hal, mulai dari hal yang penting sampai tidak penting, hal yang bermanfaat sampai merugikan, dan hal yang menyenangkan sampai yang menakutkan, pokoknya semuanya ada disini. Sebenarnya juga ruangan ini menyimpan banyak sekali misteri. Mungkin saja segala masalah bisa dengan mudahnya terpecahkan di ruangan ini. Pertanyaan-pertanyaan yang belum terjawab juga mungkin saja dapat diselesaikan disini. Oleh karena itu, saya tertarik untuk berada disini. Mungkin hanya singgah sementara, atau malah menetap selamanya. Saya sendiri juga belum tahu kedepannya akan seperti apa.

Tapi, untuk sementara ini, saya coba untuk bersembunyi terlebih dahulu. Karena saya hanya orang baru disini, yang belum memiliki pengetahuan dan pengalaman apapun. Menyelinap masuk ke dalam sesuatu tempat dan tidak meninggalkan jejak, itulah yang saya lakukan belakangan ini. Saya hanya bisa bersembunyi dan memperhatikan topik-topik perbincangan mereka. Siapa tau saja saya bisa mendapatkan jawaban yang saya sedang cari-cari ini. Tapi, sampai kapan? Bahkan, sampai saat ini saya belum menemukan apa yang ingin saya cari. Semuanya masih meninggalkan tanda tanya.

Entah, berapa lama lagi saya harus bersembunyi di ruang maya ini, sembari mencari dan menunggu jawaban yang tak kunjung datang.

The following two tabs change content below.

mahisaajy

PMG Ahli Pertama, Bidang Manajemen Database at BMKG
Seorang pemuda luar biasa yang mempunyai hobi menulis, membaca, dan bermusik. Tertarik dengan bidang ilmu komputer untuk memecahkan beberapa persoalan. Co-Founder Triglav ID dan Co-Founder METLIGO. Sejak tahun 2018 bekerja di BMKG di bagian Pusat Database.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *