Benar, tetapi Belum Tentu Benar

Ternyata memang seperti itu, ya.. Apa yang menurut kita benar, ternyata memang belum tentu benar pada kenyataannya. Padahal, tadi saya sudah yakin sekali saat mengumpulkan laporan ketua asisten. Namun, kenyataannya tak seperti yang diharapkan, pasti ada saja kekeliruan yang terjadi.

Saya sendiri juga bingung. Padahal, saat mengetik laporan tersebut, saat itu saya sedang berkonsentrasi penuh. Saya pasang mata, badan, dan keseluruh anggota tubuh saya dalam menyelesaikan laporan tersebut. Setiap mahasiswa, yang ada dalam tabel-tabel tersebut, pun saya perhatikan satu demi satu. Saya juga mengecek daftar kehadiran dan format nilai mereka, untuk sekedar memastikan, apakah sudah sesuai atau malah sebaliknya.

Setelah semuanya tuntas, dan juga saya sudah merasa yakin seyakin-yakinnya, saya langsung menyimpan dokumen tersebut. Kemudian saya memutuskan untuk langsung cus  (berangkat) ke kampus untuk memberikan dokumen laporan tersebut.

Sesampainya di kampus, saya langsung memberikan kertas berisi laporan tersebut. Setelah dilakukan pengecekan, hal yang aneh pun terjadi. Ternyata terdapat beberapa kekeliruan dengan laporan yang baru saja saya kerjakan tersebut. Omaigaatt.. Perasaan tadi saya dalam menyelesaikan laporan sangat yakin sekali bahwa tidak akan ada kekeliruan. Namun, ternyata ada saja beberapa point yang lepas dari pandangan saya. Misalnya, tadi, penulisan Nomor Pendaftaran Mahasiswa yang kurang tepat.

Hmm.. Manusia..Manusia.. Namanya juga manusia.. Manusia kan tempatnya salah serta dosa. Wajar, ya.. 🙂

Tapi saya sendiri juga heran. Apa jangan-jangan selama ini, yang terlintas di pikiran saya dan yang saya perbuat dalam segala hal, ternyata memang selalu berbanding terbalik. Apa yang menurut saya benar, mungkin belum tentu benar.. Hmm, bahaya ini.. Mesti segera introspeksi diri dan menemukan kembali jalan yang lurus..

Yaw, perjalanan masih panjang, men. Panjang sekalii…

The following two tabs change content below.

mahisaajy

PMG Ahli Pertama, Bidang Manajemen Database at BMKG
Seorang pemuda luar biasa yang mempunyai hobi menulis, membaca, dan bermusik. Tertarik dengan bidang ilmu komputer untuk memecahkan beberapa persoalan. Co-Founder Triglav ID dan Co-Founder METLIGO. Sejak tahun 2018 bekerja di BMKG di bagian Pusat Database.

3 Replies to “Benar, tetapi Belum Tentu Benar”

    1. hmm, saya baru tau apa itu quality control. iya, benar juga mas ripiu. 🙂 pokoknya yang enak itu adalah kalo yang sudah sesuai dan memenuhi standarisasi, sehingga memudahkan dalam hal pengecekan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *