Lama-Lama Bisa Gila

Hahaha, gila.. Ini bener-bener bisa membuat gilaaa..

Sebenarnya saya malas menuliskan hal ini, karena ini sama saja dengan membuka kartu sendiri. Daripada dipendam, lebih baik saya ceritakan disini. Daripada lewat Twitter atau Facebook, nanti bisa mengganggu ketenangan mereka. Jadi, lebih baik disini saja. Rumah kita..

Lebih baik disini.. Rumah kita sendiri..

Dari tadi pagi saya berusaha membuat program untuk mendeteksi wajah. Tapi, sampai sekarang pun program itu belum selesai. Bahasa pemrograman yang saya pilih adalah Python.

Tadinya saya sudah senang sekali saat mendapatkan berbagai macam referensi yang terkait dengan penelitian yang sedang saya lakukan. Setelah saya coba mempraktikannya langsung, ternyata hasilnya NOL BESAR, sodara-sodara..

Dari sekian banyak referensi tersebut (terutama yang ini), hampir seluruhnya menggunakan library OpenCV. Sepertinya Python memang kurang bersahabat dengan OpenCV. Entahlah, atau memang saya sendiri yang memang masih baru di bidang ini dan membutuhkan banyak sekali pelajaran.

Awalnya saya mendapatkan kendala pada baris berikut

from opencv.cv import *
from opencv.highgui import *

Kemudian “orang di luar sana” menyarankan untuk menggantinya dengan baris berikut

import cv2

Ada yang aneh, bukan? Module bernama Highgui tiba-tiba dihilangkan begitu saja. Setelah saya cari tahu, ternyata memang highgui (kelihatannya yang sedang saya hadapi saat ini) tidak bisa diimport.

bisagila
Lalala.

Setelah baca sana-sini juga, ternyata saya harus menyesuaikan beberapa sintax agar bisa digunakan di Python tanpa mengandalkan module Highgui tersebut. Berikut sintax-sintax yang menjadi penyebabnya:

  1. cvCreateImage
  2. cvSize
  3. cvCvtColor
  4. cvCreateMemStorage
  5. cvClearMemStorage
  6. cvEqualizerHist
  7. cvLoadHaarClassifierCascade
  8. cvHaarDetectObjects
  9. cvLoadImage

Otomatis, saya harus merubah beberapa sintax diatas dan menyesuaikannya. Haahh.. Kelihatannya membutuhkan banyak waktu ini. Lebih baik saya beristirahat terlebih dahulu.

Walaupun masih belum selesai, tapi sedikit lega rasanya..

Jrengggg.

The following two tabs change content below.

mahisaajy

PMG Ahli Pertama, Bidang Manajemen Database at BMKG
Seorang pemuda luar biasa yang mempunyai hobi menulis, membaca, dan bermusik. Tertarik dengan bidang ilmu komputer untuk memecahkan beberapa persoalan. Co-Founder Triglav ID dan Co-Founder METLIGO. Sejak tahun 2018 bekerja di BMKG di bagian Pusat Database.

Published by mahisaajy

Seorang pemuda luar biasa yang mempunyai hobi menulis, membaca, dan bermusik. Tertarik dengan bidang ilmu komputer untuk memecahkan beberapa persoalan. Co-Founder Triglav ID dan Co-Founder METLIGO. Sejak tahun 2018 bekerja di BMKG di bagian Pusat Database.

Join the Conversation

2 Comments

  1. Pingback: Gregory Smith
Leave a comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

%d bloggers like this: