Apakah Bisa?

Sudah 1 bulan lebih lamanya saya berkutat dengan penelitian skripsi ini. Tak terasa juga hari sidang pun semakin dekat, yakni beberapa minggu lagi. Saya merasakan sekali bahwa waktu yang berjalan kali ini luar biasa cepatnya dibandingkan dengan biasanya.

Waktu 1 bulan yang telah berlalu ini juga bukan berarti saya memanfaatkan dengan sebaik-baiknya. Jawabannya salah. Saya waktu itu memang kurang cekatan dalam mengerjakan sesuatu. Entah kenapa rasa malas selalu saja menghantui saat saya hendak menyelesaikan penelitian dan penulisan skripsi ini. Waktu itu sih rasanya nikmat-nikmat saja, serasa tidak ada beban. Padahal mereka semua sudah ingin menikam saya begitu hebatnya.

Mungkin sekarang saya mulai merasakan dampaknya.  Saya merasakan sekali seperti dikejar-kejar waktu. Tak nikmat, memang.. Tapi, di satu sisi, mau tidak mau saya harus semakin fokus dan jangan sampai kehilangan arah agar tak terbuai dengan kenikmatan yang melenakan tersebut.

Satu pertanyaan yang sering sekali muncul dalam pikiran saya saat ini adalah “Apakah saya bisa melewati ini semua?”

Saya tak bisa menjawabnya. Saya masih ragu. Banyak sekali keraguan yang muncul dan selalu bertanya-tanya di dalam kepala saya saat ini. Bila dibedah, isi kepala saya saat ini mungkin sudah berbeda dengan isi kepala saya pada saat sebelumnya. Waktu itu mungkin masih terisi dengan hal-hal yang berwarna-warni dan menyejukkan pikiran.

Lalu bagaimana dengan yang sekarang?

Sekarang mungkin sudah terisi berbagai macam elemen matematika, mulai dari matriks, vektor, lambda, sigma, dan sisanya apalah itu.

Matematika, hal yang (katanya) paling banyak ditakuti oleh seluruh siswa, sekarang sedang bermain-main dengan saya. Saya diajak melakukan sebuah permainan. Tentunya permainan ini bukan permainan biasa. Salah sedikit saya melakukan sesuatu maka saya yang akan merugi, mungkin saja terjerembab dalam lembah berisi angka-angka yang akan terus menghantui pikiran.

Ingin sekali rasanya saya bisa melewati ini semua. Tapi saya hanya manusia biasa yang masih terus berkutat dengan persoalan kecil macam ini.

Saya bukan seorang ahli yang dengan mudahnya menyelesaikan persoalan-persoalan yang sedang saya hadapi saat ini, kemudian dalam satu kesempatan ia menguji manusia-manusia biasa seperti saya ini.

Tapi, saya pikir, sepertinya saya sedang berada di jalan yang tepat. Saya yakin jalan yang saya pilih ini akan menuju ke arah sang ahli. Tapi, kenapa jalan ini sangat berliku sekali dan sangat-sangat membingungkan. Ah, benar kata orang lain, mungkin saat ini lebih baik diam dan melanjutkan perjalanan.

The following two tabs change content below.

mahisaajy

PMG Ahli Pertama, Bidang Manajemen Database at BMKG
Seorang pemuda luar biasa yang mempunyai hobi menulis, membaca, dan bermusik. Tertarik dengan bidang ilmu komputer untuk memecahkan beberapa persoalan. Co-Founder Triglav ID dan Co-Founder METLIGO. Sejak tahun 2018 bekerja di BMKG di bagian Pusat Database.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *