Hidup Itu Ibarat Sebuah Buku

Life is like a Book, Each day a new page with adventures to experience. Lessons to learn and good deeds to replicate. Have a colorful page everyday. -uk

Sebagai umat muslim, setiap jumatnya, kita (kaum pria) diwajibkan melaksanakan ibadah shalat jumat. Sebelum dimulainya ibadah shalat jumat, saya sempat menyimak ceramah yang disampaikan oleh sang khotib. Topik kali ini cukup menarik menurut saya. Beliau mengatakan, “Hidup itu ibarat sebuah buku.”

Iya, hidup itu ibarat sebuah buku. Kitalah penulisnya. Kitalah yang menentukan apakah buku kita ini akan disukai oleh banyak orang atau sebaliknya. Semua perbuatan kita selama hidup di dunia pasti tertulis di dalam buku itu. Baik dan buruk semuanya menyatu di dalam sana.

Kita harus selalu bersyukur apabila masih terdapat lembaran baru di dalam buku kita. Itu artinya kita masih diberikan kesempatan untuk menuliskan lagi kebaikan atau mengganti tulisan kita yang buruk dengan yang baru dan yang lebih indah.

Kita semua juga tak ada yang tahu bahwa akan tersisa berapa halaman lagi dalam setiap buku kita masing-masing. Hanya Tuhan yang tahu. Siapa tau saja halaman kosong yang sedang Anda lihat saat ini merupakan satu-satunya halaman yang masih tersisa. Oleh sebab itu, sebaiknya kita menuliskannya dengan kebaikan selama kita masih memiliki cukup banyak tinta untuk dituliskannya ke dalam buku tersebut.

Semua kata-kata yang sudah tertulis, suatu saat nanti pasti akan terbaca oleh anak cucu kita. Usahakan kita selalu menuliskan kebaikan di setiap halamannya agar anak cucu kita nanti tak salah dalam mengambil langkah di tengah-tengah kejamnya kehidupan.

Oh, ya, perlu diingat. Sebuah buku itu dinilai bukan berdasarkan ketebalannya ataupun ketipisannya, melainkan yang dinilai adalah isi yang terkandung di dalamnya. Percuma tebal tapi tak bermanfaat sama sekali bagi orang banyak. Lebih baik tipis tapi memberikan banyak manfaatnya.

Oleh karena itu, di sisa-sisa halaman kita, mari kita torehkan tulisan-tulisan positif untuk membuat buku kita menjadi tak ternilai harganya dan bermanfaat bagi orang banyak.

Pelajaran yang sangat berharga sekali di hari yang mulia ini.

The following two tabs change content below.

mahisaajy

PMG Ahli Pertama, Bidang Manajemen Database at BMKG
Seorang pemuda luar biasa yang mempunyai hobi menulis, membaca, dan bermusik. Tertarik dengan bidang ilmu komputer untuk memecahkan beberapa persoalan. Co-Founder Triglav ID dan Co-Founder METLIGO. Sejak tahun 2018 bekerja di BMKG di bagian Pusat Database.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *