Kenapa Ada Begitu Banyak Orang yang Menginspirasi?

Kenapa ada begitu banyak orang yang menginspirasi? Apakah mereka semua adalah orang-orang spesial yang sengaja diturunkan Tuhan dari langit ke bumi? Apakah untuk menjaga keselarasan sebuah kehidupan, di saat yang lain sedang patah semangat dan dirundung banyak sekali keraguan? Mereka memang sungguh ada. Mereka datang dengan keyakinan yang begitu tinggi beserta dengan senyuman indahnya.

Saya dipertemukan dengan salah sekian dari orang-orang tersebut. Beruntung.. Banyak sekali pelajaran, yang begitu berharga, yang saya terima hari ini.

Sudah lumayan lama saya tak hadir ke seminar tentang motivasi ataupun bisnis, namun hari ini saya diberi kesempatan untuk hadir di acara tersebut sebagai finalis lomba bersama teman-teman satu tim (kami menyebutnya dengan nama Manglesoft).

Di awal, keharuan pun muncul. Begitu saya memperhatikan layar, yang begitu tampak jelas di depan, tiba-tiba hati saya tergetar setelah menyaksikan betapa tak adilnya hidup ini. Ketika banyak dari kita mengeluhkan tentang kekurangan-kekurangan kecil yang melekat pada diri kita, tapi sosok seseorang yang saya lihat di layar tersebut malah berjuang dalam mengatasi kekurangan-kekurangannya tersebut, mengatasi rasa malunya, serta berusaha untuk menjadi kuat dibandingkan dengan sebelumnya. Malu saya sebenarnya. Saya merasa tersindir dan merasa seperti tak ada apa-apanya. Miris..

Kehidupan memang selalu seperti itu. Terkadang kita memandang terlalu tinggi, sementara yang berada di bawah kita hiraukan dengan keegoisan yang ada di dalam diri kita. Kita selalu menolak hal-hal yang tak berjalan sebagaimana mestinya, tapi mereka? Mereka bangkit dengan segenap kekuatan yang tersisa. Mereka memang luar biasa.

Saya pun disadarkan kembali dengan cerita-cerita penuh inspirasi dan penuh perenungan. Dan di akhir sesi, moderator pun menyimpulkan dengan sepotong kata-kata yang lebih menusuk dibandingkan dengan sebelumnya. “Memulai itu bukan berbicara tentang kesiapan, tapi keberanian.” Banyak orang yang siap, tapi kalau penakut ya percuma saja, kan?

“Memulai itu bukan berbicara tentang kesiapan, tapi keberanian.”

Masih banyak sekali sebenarnya kata-kata bijak yang bisa dikutip dari seminar tersebut. Percuma saja dikumpulkan kalau tidak langsung segera diamalkan. Percuma juga banyak bicara kalau tidak segera melangkah. Saya harus bangkit, bangkit dari kebekuan, bangkit dari kemalasan dan ketakutan.

Bergaya di depan gedung fakultas sains dan teknologi di UIN
Bergaya di depan gedung fakultas sains dan teknologi di UIN

Seminar pun tak berhenti sampai di situ saja. Ternyata, masih ada lagi pembicara selanjutnya. Kali ini yaitu tentang kepenulisan.

Saya merasa tak salah berada di tempat ini. Salah satu cita-cita saya untuk menjadi seorang penulis pun terasa sedikit bergelora di tempat ini.

Lagi-lagi penuh inspirasi.. Banyak sekali tips-triks yang diumbar di ruangan ini, tadi. Beberapa diantaranya pun sudah sering saya dengar dari penulis-penulis ternama, kemudian sisanya ibarat harta karun yang baru saya lihat dan nampak begitu berharga.

Dari tempat seminar pun beralih ke panggung. Di sini banyak sekali musisi yang bertebaran. Mulai dari yang keren sampai yang aneh pun semuanya ada. Tapi, ada satu kesamaan yang saya perhatikan dari mereka semua. Mereka totalitas. Mereka menjadi diri mereka sendiri dengan genre pilihannya masing-masing. Ketika kami semua disuguhkan dengan kemerduan salah seorang penyanyi, kami pun terhanyut di dalamnya. Sementara, ketika kami disajikan dengan sebuah nyanyian guyon, kami semua pun juga menikmatinya.. Apapun gayanya, kalau mereka memang pantas untuk ditepuk-tangani, ya berikan mereka tepuk tangan dan nikmatilah musiknya.

Jiwa bermusik saya juga mengudara entah kemana, ingin rasanya ikut berpartisipasi tapi apa daya hahaha. Mungkin di lain kesempatan dengan panggung yang lebih meriah dan di situlah saya sebagai bintang utamanya.

Hari ini pun juga diumumkan pemenang lomba kategori bisnis yang saya dan teman-teman ikuti pada beberapa waktu yang lalu. Hasilnya pun menggembirakan sekali. Saya tak menyangka tim saya akan menjadi jawaranya. Horeeee. Sepertinya hanya kata “gembira” yang sanggup mewakilkan perasaan saya kali ini.

Bergaya bersama seluruh peserta dan panitia
Bergaya bersama seluruh peserta dan panitia

Jujur, saya bersyukur sekali bisa berada di tempat yang penuh inspirasi ini. Bertemu dengan orang banyak dan mendapatkan pelajaran yang begitu berharga. Pengalamannya pun juga sangat berharga sekali.

Dari pagi hingga petang menjelang.. Terima kasih semuanya, kalian begitu luar biasa.. Jaya terus, para makhluk hidup yang ada di Kampus UIN JAKARTA, terutama HIMATIKA. 🙂

The following two tabs change content below.

mahisaajy

PMG Ahli Pertama, Bidang Manajemen Database at BMKG
Seorang pemuda luar biasa yang mempunyai hobi menulis, membaca, dan bermusik. Tertarik dengan bidang ilmu komputer untuk memecahkan beberapa persoalan. Co-Founder Triglav ID dan Co-Founder METLIGO. Sejak tahun 2018 bekerja di BMKG di bagian Pusat Database.

2 Replies to “Kenapa Ada Begitu Banyak Orang yang Menginspirasi?”

  1. mantap gan, memang selalu ada orang yg inspiratif. eniwei, boleh lah dishare tips trik menulisnya disini kapan2 hehe… mampir ke blog ane ya gan, thanks!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *