Perjuangan Manglesoft Hingga Berada di Page One Google

Beberapa hari yang lalu, saat saya sedang iseng-isengnya memperhatikan kepopuleran startup saya, Manglesoft, di situs pencarian Google. Saya coba mengetikkan keyword “Aplikasi Laundry” di sana. Hasilnya mengejutkan. Situs Manglesoft yang berada di www.manglesoft.co.id telah muncul di page one (halaman satu) Google. Tak hanya itu, situs Manglesoft pun muncul di urutan teratas hasil pencarian, alias nomor satu. Rasanya sungguh luar biasa. Senangnya bukan main. Hal yang sama juga dirasakan oleh rekan-rekan saya saat saya memberitahukannya kepada mereka.

Iya, ini kerja keras kita selama ini. Ternyata membuahkan hasil dan berhasil mejeng di puncak pencarian Google. Mungkin, bagi yang lain, hal ini sederhana dan tidak berarti sama sekali, tapi bagi kami hal ini sungguh berbeda, luar biasa.

aplikasi laundry manglesoft page one
Aplikasi laundry Manglesoft muncul di puncak pencarian Google

Karena senang, saya dan kawan-kawan pun membagikannya (sharing) di Facebook tentang peristiwa ini. Lalu ada yang menanyakan bahwa bagaimana caranya bisa seperti itu, siapakah yang membantu Manglesoft dalam hal SEO (Search Engine Optimization)?

Mungkin mereka mengira bahwa kita menyewa jasa SEO yang telah teruji kredibilitasnya. Kenyataannya tidak. Jawabannya adalah saya dan keempat rekan-rekan satu tim saya, yang notabene masih belia-belia dan baru belajar ini, yang mendorong situs manglesoft agar berada di puncak. 😀

Saya sendiri termasuk yang paling antusias dalam memajukan Manglesoft di halaman pencarian Google. Saya coba belajar dengan berselancar di internet dengan keyword “Tips dan trik SEO” dan keyword-keyword lainnya yang serupa. Dari situs pertama ke situs kedua, lalu ke situs lainnya. Rata-rata hampir di setiap situs informasinya mirip-mirip, bahkan terkadang hampir sama, sehingga memudahkan saya untuk melakukan apa yang seharusnya dilakukan.

Melalui artikel, kita memang diharuskan untuk aktif mencari artikel-artikel lainnya yang berkaitan. Untuk mempelajari sesuatu memang dibutuhkan pengorbanan. Lalu terlintas di benak saya untuk mempelajarinya melalui sebuah buku (atau ebook) yang tersebar luas di internet. Karena saya pribadi cenderung suka membaca sebuah buku (atau ebook) dibandingkan dengan artikel, maka saya memutuskan mencarinya di situs it-ebooks.info. Alasan saya lebih suka dengan buku karena buku menjelaskan secara detail. Pemula seperti saya pastinya lebih mudah mempelajari sesuatu hal bila dengan membaca buku, karena memang penulisnya telah memanjakan pembacanya dengan tulisan-tulisan yang telah disusun dengan terstruktur. Berbeda dengan artikel, di mana saya harus lebih aktif untuk mencari-cari artikel, yang selanjutnya kemudian meraba-raba isi google untuk menemukan artikel-artikel selanjutnya. Mengenai kelebihan membaca buku mungkin suatu saat nanti akan saya kupas di tulisan selanjutnya.

Buku tentang SEO di it-ebooks.info
Buku tentang SEO di it-ebooks.info

Pada situs tersebut, saya coba mengetikkan kata “SEO” pada kolom pencarian (search bar). Ada beberapa buku yang muncul. Langsung saja saya download buku-buku tersebut untuk nanti saya pelajari lebih lanjut. Melalui buku ini, saya mulai mengerti sedikit demi sedikit tentang SEO. Tapi, karena bukunya itu terlalu banyak halamannya hehe, alhasil tak saya baca seluruhnya. Bagian-bagian terpenting tetap tak saya lewatkan..

Saya waktu itu sempat juga terpikirkan terhadap jasa SEO, sepertinya enak bila menggunakan jasa tersebut, kita tinggal menunggu, kemudian secara simsalabim website kita sudah muncul di halaman satu google. Karena beberapa alasan, saya tak jadi menggunakan jasa tersebut. Lalu saya melihat ada tools website yang menyediakan fasilitas untuk mengecek SEO website kita. “Nah, ini dia yang saya cari,” pikir saya dalam hati. Dengan melakukan scanning website, nanti akan muncul berupa laporan yang harus kita perbaiki untuk mengoptimalkan SEO kita. Saya belajar banyak dari sini.

Sosial media juga memiliki peranan penting. Berkali-kali saya share link website manglesoft.co.id di sosial media yang saya miliki. Facebook, Twitter, dan GooglePlus pun seketika menjadi panggung promosi bagi saya. Iya, tanyakan saja kepada teman-teman saya, pasti mereka akan mengiyakan. Entahlah perasaan apa yang mereka rasakan, mungkin seringkali mereka sebal terhadap apa yang saya lakukan tersebut.

Tidak hanya itu, bio yang ada di media sosial pun saya manfaatkan untuk menyertakan link website. Backlink. Iya, supaya manglesoft mendapatkan backlink sebanyak-banyaknya. Mulai dari Twitter, Instagram, Pinterest, WordPress, sampai Blogspot, website manglesoft pun tertera di situ.

Berbicara mengenai backlink ada hal yang unik. Ini berbicara mengenai google page rank, ternyata blog saya dahulu yang sekarang sudah ditinggalkan (beralamat di mahisaajy.blogspot.com) sudah mencapai angka 2, alias telah memiliki ranking 2. Luar biasa.. Masih terhitung kecil memang rankingnya, tapi saya yakin bila saya mempromosikan link website manglesoft.co.id di blog saya ini, pasti akan semakin cepat berpengaruh. Ya, coba-coba saja, toh tak ada ruginya, kan?

Ketika saya sedang mempelajari artikel mengenai SEO, saya memperhatikan pada bagian kolom komentar di setiap tulisan bahwa banyak sekali link-link yang berserakan yang disertakan oleh para blogger untuk mempromosikan websitenya. Ada yang bilang cara ini tidak dibenarkan, tapi ada juga yang bilang sah-sah saja. Bila link website kita tertera pada blog yang memiliki page rank yang tinggi maka posisi website kita akan cepat menaik. Akhirnya dengan coba-coba saya mencoba cara ini. Tentunya dengan sangat hati-hati dan menyesuaikan dengan etika. Tidak hanya menyertakan link saja, tetapi berkomentar seperti blogger yang berbudi baik.

Website Manglesoft pun juga seringkali saya buka. Saya buka selalu di manapun dan kapanpun. Termasuk di komputer milik kawan-kawan kuliah. Ketika lengah, langsung saya ambil alih. Bila ketahuan, saya pun pura-pura tak tahu, dan tertawa sedikit licik. Huehehe.. Ohya, makasih, kawan-kawan.. 🙂

Setelah saya melakukan beberapa percobaan di atas, perlahan website manglesoft mulai merangkak naik. Masih dengan keyword “Aplikasi laundry”. Waktu itu saya lihat sudah berada di page 5. Dari 5 ke 4, saya senang. Dari 4 ke 3, saya senang lagi. Dari 3 ke 2, saya senang sekali. Dari 2 ke 1, senangnya bukan main.

Berhasil.. Manglesoft sudah mencapai halaman pertama google. Halaman pertama atau istilahnya page one adalah dambaan seluruh empunya website. Bahagia rasanya manglesoft telah berada di tahap ini, sehingga peluang untuk ditemukan oleh para pelaku usaha laundry pun menjadi terbuka lebar. Dan hal itu terbukti. Semenjak berada di page one, pengunjung pun mulai bertambah. Tak hanya itu, jumlah download aplikasi laundry Manglesoft pun bertambah. Iya, saya juga kaget pada awalnya. Tapi, memang begitu kenyataannya. 🙂

Dan baru beberapa hari yang lalu, saat saya coba mengetik di Google dengan keyword “Aplikasi Laundry”, tak disangka-sangka, Manglesoft telah berada di puncak pencarian. Alhamdulillah 🙂

Akhirnya kerja keras kami selama ini membuahkan hasil. Iya, kami saja bisa, pasti kalian juga bisa. Masih ada yang harus dilakukan. Rencana ke depan yang akan kami lakukan adalah memenangkan keyword “Software laundry” dan “Program laundry”, karena rata-rata pengguna yang ingin mencari aplikasi laundry pasti tak melewatkan 2 keyword tersebut. Sampai saat ini, Manglesoft belum memenangkan dua keyword tadi. Doakan ya, semoga usaha kami selanjutnya berhasil.

Ohya, saya berterima kasih kepada seluruh pihak yang telah mendukung Manglesoft. Mulai dari kalian yang dengan penasaran membuka situs manglesoft.co.id, hingga kalian yang telah memberikan beberapa saran untuk memajukan aplikasi manglesoft.

Oke akhir kata, semoga tulisan saya kali ini bermanfaat. 🙂

The following two tabs change content below.

mahisaajy

PMG Ahli Pertama, Bidang Manajemen Database at BMKG
Seorang pemuda luar biasa yang mempunyai hobi menulis, membaca, dan bermusik. Tertarik dengan bidang ilmu komputer untuk memecahkan beberapa persoalan. Co-Founder Triglav ID dan Co-Founder METLIGO. Sejak tahun 2018 bekerja di BMKG di bagian Pusat Database.

Leave a Reply

%d bloggers like this: