Tips Membaca: Membaca Buku Tebal

Buku memang memiliki ketebalan yang berbeda-beda. Ada yang tipis sekali, tipis, sedang, tebal, dan tebal sekali. Nah, bagaimana perasaan kalian bila dihadapkan dengan buku yang tergolong tebal? Bagi yang belum terbiasa mungkin hal yang dilakukan adalah pergi menjauh dengan buku tersebut. Tetapi, bagi yang sudah terbiasa dengan membaca buku-buku tebal, mungkin hal itu biasa-biasa saja. Bila topiknya menarik bisa dengan senang hati dibacanya.

buku tebal

Salah satu buku yang tergolong tebal (sumber: bookthink.com)

Membaca buku tebal itu ada strateginya. Iya, saya menemukan sendiri strategi yang tepat bila saya diharuskan membaca sebuah buku yang tebal. Berikut ini tips triknya dalam membaca buku yang tebal:

  • Meluangkan waktu Membuat waktu luang untuk membaca

Ini sudah pasti. Kita harus bisa meluangkan waktu untuk membaca. Kalau Anda tidak bisa mencari waktu luang, maka terpaksa Anda harus membuatnya sendiri. Iya, pasti akan selalu ada alasan karena banyak orang yang tidak memiliki banyak waktu luang. Waktu luang itu mustahil dicari, kecuali engkau membuatnya sendiri. Bila kalian telah memiliki waktu luang, gunakanlah sebaik mungkin. Jangan disia-siakan.. Persiapkan diri kalian dengan ilmu-ilmu baru yang kalian dapat dengan membaca buku..

  • Bacalah secara estafet (alias dicicil). Minimal satu hari satu chapter.

Inilah tips utamanya. Buku yang tebal tersebut (biasanya) terbagi atas chapter-chapter atau bab-bab. Nah, inilah yang kita manfaatkan. Kita jangan terpaku pada tebalnya sebuah buku yang memiliki ratusan halaman. Usahakan fokus terhadap satu chapter yang sedang kita baca. Biasanya satu chapter itu kurang lebih terdiri dari 30 halaman. Tidak terlalu banyak, bukan? Bacalah minimal satu hari satu chapter. Karena pada beberapa buku antara chapter satu dengan chapter lainnya itu seringkali berkaitan. Bila rentang waktu yang kalian gunakan terlalu lama dalam membaca chapter satu dengan chapter lainnya, biasanya kita akan mengalami lupa. Ya, waktu yang tepat sepertinya (minimal) satu hari itu satu chapter.

  • Membaca cepat

Sungguh nikmat sekali orang yang memiliki hobi membaca dan juga bisa membaca cepat. Membaca cepat ini bisa menghemat kita dalam menggunakan waktu untuk membaca. Semakin cepat kita membaca maka semakin baik. Tapi membaca cepat juga harus diimbangi dengan tingkat konsentrasi kita dalam mencerna apa yang kita baca.

Mudah, bukan? Coba sekarang ambil salah satu buku tebal yang kalian miliki. Lalu praktekkan tips trik yang saya paparkan di atas. Pasti bisa. Saya percaya itu.. 😀

Mungkin hanya ini strategi yang saya lakukan dalam membaca buku yang tebal. Semoga bermanfaat bagi para book lovers. 🙂

The following two tabs change content below.

mahisaajy

PMG Ahli Pertama, Bidang Manajemen Database at BMKG
Seorang pemuda luar biasa yang mempunyai hobi menulis, membaca, dan bermusik. Tertarik dengan bidang ilmu komputer untuk memecahkan beberapa persoalan. Co-Founder Triglav ID dan Co-Founder Manglesoft (Laundry Application). Sejak tahun 2018 bekerja di BMKG di bagian Pusat Database.

2 thoughts on “Tips Membaca: Membaca Buku Tebal

  1. woww..
    mkasih mas tipsnya
    hahaha 😀
    padhal membaca buku yang tebal cuman baru liat aja udah males..
    salam sutopo blogger jogja

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *