Membaca Membantu Membentuk Pola Pikir

Orang hebat pasti pola pikirnya hebat. Membaca, menuntun kita menjadi seperti mereka.

Hari ini, saya baru saja berdiskusi dengan salah seorang yang memiliki hobi yang sama dengan saya, yaitu membaca. Buku-buku yang ia baca yaitu seputar buku tentang pengembangan diri, bisnis, dan psikologi.

It is our choices that show what we truly are, far more than our abilities. - Albus Dumbledore

Menurutnya, membaca dapat membantu membentuk pola pikir seseorang. Banyak orang-orang hebat di luar sana yang bisa kita tiru pola pikirnya. Tak hanya pola pikirnya saja, kebiasaan-kebiasaan hebat mereka juga patut dicontoh. Ia menyarankan saya untuk membaca satu buku berjudul, “The 7 Habits of Highly Effective People”. Tak hanya saya sebenarnya, seluruh karyawannya pun juga ia sarankan untuk membaca buku ini. Sepertinya minggu ini akan diadakan sebuah forum diskusi untuk membahas isi buku tersebut. Hehe malah saya sendiri belum membacanya. Mungkin nanti saya akan melakukan cara curang dengan cara mendengarkan ide-ide pokoknya, tanpa perlu membaca secara keseluruhan. 😀

Membaca menurutnya juga adalah sebuah investasi. Iya, tepat sekali. Saya juga selalu beranggapan seperti itu. Saya (tidak) pernah ragu untuk membeli sebuah buku yang saya rasa itu sangat bermanfaat sekali untuk saya ke depannya. Dengan membelanjakan uang kurang lebih sekitar lima puluh ribu, saya berinvestasi untuk mendapatkan ilmu pengetahuan yang tak ternilai harganya. Dengan berinvestasi membeli buku tersebut, pada akhirnya saya juga bisa menaikkan harga jual saya ke publik dengan ilmu-ilmu yang telah saya pelajari di dalam buku tersebut. Bisa dikatakan tak ada ruginya kegiatan membaca buku. Apalagi bila buku-buku tersebut kita sebarkan lagi kepada orang yang memerlukan, misalnya dengan meminjamkannya kepada mereka, ini bisa menjadi ladang amal yang luar biasa.

Ilmu selalu datang kepada orang-orang yang gemar membaca. Beruntung, saya dikelilingi oleh orang-orang seperti itu.

The following two tabs change content below.

mahisaajy

PMG Ahli Pertama, Bidang Manajemen Database at BMKG
Seorang pemuda luar biasa yang mempunyai hobi menulis, membaca, dan bermusik. Tertarik dengan bidang ilmu komputer untuk memecahkan beberapa persoalan. Co-Founder Triglav ID dan Co-Founder METLIGO. Sejak tahun 2018 bekerja di BMKG di bagian Pusat Database.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *