Ngoding dengan Visual Studio 2013

Pada tulisan kali ini, saya akan sharing sedikit mengenai sebuah tools yang selalu saya gunakan dalam waktu belakangan ini, yaitu Visual Studio 2013.

Microsoft Visual Studio merupakan sebuah IDE yang dapat digunakan untuk melakukan pengembangan aplikasi, baik itu aplikasi bisnis, aplikasi personal, ataupun komponen aplikasinya, dalam bentuk aplikasi console, aplikasi Windows, ataupun aplikasi Web.

Kenapa harus Visual Studio 2013?

Hal ini terkait dengan sebuah proyek yang sedang saya kerjakan, yaitu sebuah aplikasi Computer Vision. Bahasa pemrograman yang digunakan adalah C#. Sudah 2 bulan lebih pula saya beradaptasi dengan lingkungan pemrograman yang baru ini. Alhamdulillah hehe, ilmu baru pun didapat.

Berikut ini adalah tampilan aplikasi Visual Studio 2013.

visualstudio-startpage

Sedikit bercerita, sebelumnya saya mengembangkan aplikasi web. Editor yang biasa saya gunakan adalah Notepad++ dan juga Sublime Text. Ketika saya diharuskan beralih menggunakan IDE Visual Studio, mau tidak mau saya harus beradaptasi. Awalnya bahkan saya sempat bingung dikarenakan banyak sekali fitur-fitur yang ada pada Visual Studio. Padahal yang saya butuhkan hanyalah sebuah editor yang digunakan untuk saya menulis kode program. Namun, setelah saya sedikit terbiasa menggunakan Visual Studio, ternyata banyak sekali fitur-fitur yang dapat dieksplor dan sangat membantu dalam mengembangkan aplikasi.

Ada beberapa fitur yang menurut saya menarik sekali.

  • Go To Definition
    Dengan fitur ini, kita dapat melompat langsung ke dalam pendefinisian variabel ataupun fungsi. Iya, hal ini berguna untuk memastikan dan mempermudah dalam mengecek kode program dalam aplikasi. Cara penggunaannya, yaitu cukup melakukan klik kanan pada variabel atau fungsi, lalu pilih “Go To Definition”.
    visualstudio-go to definition
  • Find All References
    Fitur yang tak kalah menariknya, yaitu “Find All References”. Fitur ini berguna ketika kita ingin mengetahui variabel atau fungsi yang kita gunakan terletak di mana saja. Sekali perintah, langsung muncul daftarnya. Cara penggunaannya, yaitu klik kanan pada variabel atau fungsi, lalu pilih “Find All References”. Untuk melihat hasilnya, lihat pada bagian “Find Symbol Results” yang ada pada bagian bawah.
    visualstudio-find all references
  • Debugging
    Saya selalu menggunakan fitur ini untuk mengecek sebuah nilai yang ada pada variabel aplikasi. Misalnya, mengetahui nilai dari sebuah variabel, apakah sudah benar atau belum. Cara penggunaannya, yaitu klik pada bagian sebelah kiri editor, sehingga nanti akan muncul lingkaran merah. Setelah itu coba jalankan aplikasi. Aplikasi akan berhenti berjalan ketika kode program tersebut hendak dieksekusi. Untuk mengetahui nilai dari variable, lihat pada bagian “Watch”, lalu isikan nama variabel yang akan dicari nilainya tersebut.
    visualstudio-debugging

Kelebihan lainnnya adalah Visual Studio 2013 ini default background themenya adalah berwarna hitam. Tidak seperti versi-versi sebelumnya yang berwarna putih, warna hitam ini membuat mata kita tidak cepat lelah dalam menatap kode-kode program di layar. Ngoding pun menjadi lebih nikmat hehe.

Sebenarnya masih banyak lagi kelebihan lainnya. Untuk lebih lengkapnya kalian bisa mencari lebih lanjutnya di halaman Google.

Oke mungkin ini saja yang bisa saya bagikan. Sampai jumpa pada tulisan berikutnya.

#showyourwork #tools

The following two tabs change content below.

mahisaajy

PMG Ahli Pertama, Bidang Manajemen Database at BMKG
Seorang pemuda luar biasa yang mempunyai hobi menulis, membaca, dan bermusik. Tertarik dengan bidang ilmu komputer untuk memecahkan beberapa persoalan. Co-Founder Triglav ID dan Co-Founder METLIGO. Sejak tahun 2018 bekerja di BMKG di bagian Pusat Database.

Published by mahisaajy

Seorang pemuda luar biasa yang mempunyai hobi menulis, membaca, dan bermusik. Tertarik dengan bidang ilmu komputer untuk memecahkan beberapa persoalan. Co-Founder Triglav ID dan Co-Founder METLIGO. Sejak tahun 2018 bekerja di BMKG di bagian Pusat Database.

Leave a comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

%d bloggers like this: